8 menit dibaca

Memahami F&B Service: Pengertian, Keterampilan, dan Perannya

F&B service
Peran F&B Service sangat krusial dalam menentukan kualitas pengalaman pelanggan, reputasi bisnis, dan keberhasilan operasional, serta kontribusi terhadap pendapatan dan pertumbuhan bisnis secara keseluruhan.

Sektor industri makanan dan minuman atau F&B service adalah salah satu bidang usaha yang mengalami pertumbuhan pesat, terutama di era saat ini.

Meningkatnya permintaan dari konsumen yang semakin beragam dan berorientasi pada pengalaman memberikan dorongan signifikan bagi perkembangan sektor ini.

Dengan munculnya tren gaya hidup sehat, peningkatan minat pada kuliner eksotis, dan perubahan preferensi konsumen, peluang bisnis di sektor food and beverage semakin luas. Simak pembahasan selengkapnya tentang apa apa itu F&B service di bawah ini!

Baca juga: 20 Tips Memulai Usaha Dari Nol yang Harus Diterapkan!

Apa Itu Food and Beverage Service?

F&B Service, atau layanan makanan dan minuman, merujuk pada keseluruhan proses pelayanan yang terkait dengan penyajian dan pengantaran makanan serta minuman kepada pelanggan di berbagai tempat seperti restoran, kafe, hotel, dan fasilitas kuliner lainnya. 

Spek utama dari layanan makanan dan minuman mencakup pengambilan pesanan, penyajian makanan dengan cara yang profesional, pengetahuan tentang menu, dan interaksi dengan pelanggan. Selain itu, layanan ini juga melibatkan manajemen stok, perencanaan menu, dan koordinasi antara dapur dan area pelayanan untuk menciptakan pengalaman bersantap yang menyeluruh.

Dengan fokus pada kualitas layanan dan kepuasan pelanggan, layanan ini memiliki peran krusial dalam membentuk citra dan reputasi bisnis di industri kuliner.

Selain itu, layanan ini dapat kamu temui dalam berbagai situasi di industri perhotelan atau industri lebih luas di mana terdapat layanan penyedia makanan dan minuman.

Hal ini dapat mencakup restoran, bar, layanan katering, kafetaria, dan pengiriman makanan ke kamar melalui layanan kamar di hotel.

Baca juga: Apa Itu UMKM? Berikut Pengertian, Contoh, Peran dan Perkembangannya

Peran Penting F&B Service

Ada berbagai bagian F&B service, misalnya layanan makanan dan minuman dalam industri perhotelan yang sangat penting perannya.

Pertama, layanan ini memberikan tambahan layanan dan fasilitas yang disukai pelanggan, serta dapat meningkatkan pengalaman tamu. Ini dapat membuat tempat tersebut lebih menarik dan menarik lebih banyak tamu.

Inilah mengapa kamu akan menemukan layanan F&B di banyak tempat perhotelan, mulai dari hotel yang sederhana hingga resor mewah.

Kedua, layanan makanan dan minuman merupakan sumber pendapatan utama bagi tempat-tempat perhotelan.

Menawarkan layanan tambahan ini dapat membantu mendiversifikasi cara sebuah tempat menghasilkan uang, yang dapat membantu tempat tersebut melewati waktu sepi untuk bagian lain bisnis mereka. Ini dapat membantu meningkatkan keuntungan keseluruhan sebuah bisnis.

Oleh karena itu, tidak mengherankan jika tugas layanan makanan dan minuman sangat berperan besar pada keuntungan suatu bisnis.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Rumahan Paling Cuan di Tahun 2024

Jenis Pelayanan Food and Beverage Service

Ada dua jenis pelayanan F&B yang umum diterapkan di berbagai tempat seperti restoran, kafe, hotel, dan lainnya. Berikut adalah beberapa jenis pelayanan F&B yang umum:

F&B Front Service (Pelayanan Depan)

F&B front service berkaitan dengan interaksi langsung dengan tamu atau pelanggan. Jenis ini mencakup semua tindakan dan aktivitas di depan mata tamu saat mereka mengunjungi suatu tempat makan atau minum. Terdapat beberapa aspek dari F&B Front Service yaitu:

  1. Penyambutan Tamu: Ketika pelanggan tiba, para staf di depan seringkali bertanggung jawab untuk menyambut mereka, mengarahkan mereka ke meja yang sesuai, dan memberikan menu yang tersedia. 
  2. Pelayanan Meja: Ini termasuk mengambil pesanan, menyajikan makanan dan minuman, menjelaskan spesialisasi menu, dan memastikan kebutuhan pelanggan terpenuhi selama kunjungannya.
  3. Keramahan dan Komunikasi: Staf di bagian depan harus ramah, responsif, dan dapat berkomunikasi dengan baik untuk memastikan pengalaman pelanggan yang memuaskan.
  4. Penerimaan Pembayaran: Setelah makanan dan minuman disajikan, staf mungkin bertanggung jawab untuk mengambil pembayaran atau mengkoordinasikan proses pembayaran.

F&B Back Service (Pelayanan Belakang)

F&B back service berkaitan dengan kegiatan di belakang layar atau di dapur yang tidak langsung terlihat oleh tamu. Meskipun tidak tampak, peran ini sangat penting untuk memastikan operasi berjalan lancar dan makanan serta minuman disajikan dengan kualitas terbaik. Berikut adalah beberapa aspek dari F&B back service:

  1. Pembuatan Makanan: Ini mencakup semua proses memasak, mempersiapkan, dan menyajikan makanan yang tercantum dalam pesanan pelanggan.
  2. Penyediaan Minuman: Meskipun beberapa minuman dan makanan mungkin disajikan di depan pelanggan, proses pembuatan dan persiapan pesanan biasanya terjadi di belakang layar, seperti dalam kasus pembuatan kopi atau koktail yang kompleks.
  3. Pembersihan dan Persiapan: Setelah tamu meninggalkan meja, staf back service mungkin bertanggung jawab untuk membersihkan meja, mengatur ulang tempat duduk, dan mempersiapkan area untuk pelanggan berikutnya.
  4. Koordinasi dengan Front Service: Meskipun bekerja di belakang layar, staf back service sering berkoordinasi dengan tim depan untuk memastikan bahwa pesanan diproses dengan cepat, tepat, dan sesuai dengan keinginan pelanggan.

Keterampilan Utama dalam F&B Service

Dalam layanan makanan dan minuman, keterampilan komunikasi yang baik sangat penting agar staf dapat berinteraksi dengan pelanggan secara efektif. Kemampuan untuk bekerja dengan tim juga diperlukan, terutama ketika berkoordinasi dengan dapur untuk memastikan penyajian makanan yang tepat.

Keterampilan organisasi membantu dalam manajemen stok, perencanaan menu, dan pelaksanaan pesanan dengan efisien. Selain itu, keahlian dalam memahami keinginan dan kebutuhan pelanggan dapat meningkatkan pengalaman bersantap mereka.

Fleksibilitas dan adaptabilitas diperlukan untuk menangani situasi berbeda, sementara pengetahuan tentang jenis makanan dan minuman memperkaya pelayanan yang diberikan.

Terakhir, tingkat profesionalisme yang tinggi sangat penting agar staf F&B dapat memberikan layanan berkualitas dan menciptakan suasana menyenangkan bagi para tamu.

Contoh food and Beverage (F&B) Service

Contoh layanan makanan dan minuman mencakup beragam bentuk dan situasi di industri perhotelan dan kuliner. Restoran adalah salah satu bentuk yang paling umum, di mana pelanggan dapat duduk dan menikmati hidangan yang disajikan oleh staf.

Bar juga merupakan contoh layanan F&B, di mana minuman dapat dinikmati sambil bersantai. Layanan katering memungkinkan penyediaan makanan dan minuman untuk acara khusus atau pertemuan.

Cafetaria menyajikan pilihan makanan dan minuman untuk dipilih oleh pelanggan, sementara layanan kamar di hotel menghadirkan kemudahan memesan makanan dan minuman untuk dikirim ke kamar tamu.

Dalam industri kuliner yang berkembang, tren pengiriman makanan juga semakin populer, di mana pelanggan dapat memesan makanan untuk diantarkan langsung ke tempat mereka. Semua bentuk layanan ini menciptakan pengalaman makan yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan.

Berbagai Posisi F&B Service

Dalam industri F&B terdapat berbagai macam posisi, baik di depan layar maupun di belakang layar, yang keduanya bekerja bersama-sama untuk memberikan pengalaman yang berkualitas kepada pelanggan. Berikut adalah beberapa posisi yang umum dalam F&B service:

1.Staf Pelayanan Meja (Waiter/Waitress):

Bertanggung jawab untuk menyambut pelanggan, mengambil pesanan, menyajikan makanan dan minuman, menjelaskan menu, dan memastikan kepuasan tamu.

2. Staf Capturing Order (Order Taker):

Staf capturing order berfokus pada mengambil pesanan dari pelanggan, baik di meja atau melalui telepon, dan memastikan pesanan diteruskan dengan benar ke bagian dapur.

3. Bartender:

Bartender adalah posisi khusus dalam pembuatan minuman, termasuk koktail, bir, anggur, dan minuman lainnya. Bartender bertanggung jawab atas persediaan dan kebersihan area bar.

4. Barista:

Ahli dalam pembuatan kopi, teh, dan minuman berbasis espresso lainnya. Mereka terampil dalam penggunaan mesin espresso dan teknik penyeduhan kopi.

5. Host/Hostess:

Bertanggung jawab untuk menyambut tamu, mengatur reservasi, mengarahkan pelanggan ke meja mereka, dan mengelola aliran kerja di restoran atau tempat lainnya.

6. Somelier:

Seorang ahli dalam anggur yang membantu pelanggan dalam memilih anggur yang sesuai dengan makanan dan preferensi pribadi mereka.

7. Pembantu Pelayan (Busser):

Membersihkan meja setelah tamu meninggalkan, mengatur ulang tempat duduk, mengisi ulang pasokan, dan membantu staf pelayanan lainnya.

8. Kasir:

Bertanggung jawab untuk menerima pembayaran dari tamu, mengelola transaksi, dan memastikan keakuratan tagihan.

9. Manajer Restoran atau F&B:

Bertanggung jawab atas operasi sehari-hari restoran atau outlet F&B, termasuk manajemen staf, keuangan, layanan pelanggan, dan strategi bisnis.

10. Koki (Chef):

Koki adalah seorang ahli dalam memasak makanan. Ada berbagai posisi koki, seperti Chef Eksekutif, Sous Chef, Chef de Partie, Demi Chef, dan lainnya, yang masing-masing memiliki tanggung jawab khusus dalam proses persiapan makanan.

11. Staf Pencuci Piring (Dishwasher):

Membersihkan peralatan masak, peralatan makan, dan peralatan dapur lainnya. Mereka memastikan semua peralatan kembali bersih dan siap untuk digunakan kembali.

12. Staf Pemeliharaan:

Bertanggung jawab untuk memastikan semua peralatan, fasilitas, dan area lainnya dalam kondisi baik dan terjaga kebersihannya.

 

Gunakan BATPay untuk Tingkatkan Bisnis F&B-mu!

Dapat disimpulkan bahwa layanan makanan dan minuman memainkan peran krusial dalam industri perhotelan dan kuliner. Dari restoran hingga layanan katering, setiap bentuk pelayanan mencerminkan dedikasi untuk memberikan pengalaman makan yang tak terlupakan bagi para pelanggan.

Bisnis seperti F&B Service juga membutuhkan kecepatan dalam pelayanan untuk memuaskan pelanggan. Nah, kamu membutuhkan solusi pembayaran yang efisien dalam setiap transaksi, contohnya penggunaan aplikasi dompet digital melalui fitur QRIS.

BATPay merupakan dompet digital yang mampu menyediakan pelayanan keuangan secara cepat untuk bisnis F&B. Tidak hanya fitur QRIS saja, BATPay juga menyediakan fitur pelacakan histori transaksi sehingga akan memudahkan usaha F&B ketika bertransaksi dan melakukan pelacakan keuangan. Yuk, tingkatkan kecepatan pelayanan bisnis F&B bersama BATPay!

Referensi:

https://www.glion.edu/magazine/food-beverage-service/

Mizzart Al Fatih
Mizzart Al Fatih
Content writer aneka topik: finansial, kesehatan, dan video game.

Artikel Terkait

Ide Bisnis Sampingan
Bisnis Anak Muda
Usaha Sampingan Karyawan
30 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Sibuk!
Scroll to Top
Share to...