16 menit dibaca

40 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil di Tahun 2024!

ide bisnis rumahan modal kecil
Dengan modal terjangkau, wujudkan impian bisnis kamu dan jadikan rumah sebagai basis kesuksesan-mu. Temukan berbagai ide bisnis rumahan modal kecil dimulai dari bisnis makanan hingga online.

Mengembangkan ide bisnis rumahan modal kecil bisa menjadi pilihan bagi kamu yang mencari peluang untuk menghasilkan pendapatan tambahan atau memulai perjalanan kewirausahaan. Sebab, di era modern seperti sekarang, banyak orang semakin tertarik untuk menjalankan ide bisnis rumahan modal kecil secara online.

Bisnis seperti ini tidak hanya memberikan fleksibilitas waktu, tetapi juga memungkinkan para pengusaha untuk memanfaatkan keahlian dan minat pribadi. Dengan perkembangan teknologi dan akses internet yang semakin meluas, peluang untuk merintis bisnis dari rumah semakin terbuka lebar.

Nah, dalam artikel ini, kita akan membahas tentang ide usaha, termasuk ide bisnis rumahan modal kecil yang menarik dan potensial untuk dijalankan sehingga akan memberikan inspirasi bagi kamu yang ingin memulai berwirausaha dengan modal terjangkau.

Baca juga: 10 Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Dari Nol

Ide Bisnis Rumahan (Makanan)

Ide bisnis rumahan makanan banyak diminati karena konsumen tidak hanya membutuhkan makanan sebagai kebutuhan pokok, tetapi juga pilihan praktis serta menjalani pola hidup sehat. Berikut adalah rekomendasinya!

1. Penjualan Makanan Kemasan (Packaging)

Ide bisnis ini menawarkan potensi besar untuk sukses di tingkat lokal. Kamu bisa menjual makanan kemasan seperti bumbu, keripik, atau makanan ringan dengan sentuhan unik dari dapur rumahan.

Misalnya, dengan berjualan keripik pisang dengan harga modal Rp8.000 per kemasan. Kamu bisa menjualnya dengan harga di kisaran Rp10.000 hingga Rp25.000, tergantung dari rasa dan kemasannya. Dengan begitu, kamu bisa mendapatkan profit mencapai Rp17.000 per kemasannya.

Selain itu, keuntungan utama ada pada biaya produksi yang relatif rendah dan kreativitas dalam desain kemasan. Namun, kelemahan usaha ini terletak pada persaingan yang ketat di pasar makanan kemasan dan perhatian yang diperlukan dalam perizinan dan regulasi keamanan pangan.

2. Makanan Sehat atau Diet Khusus

Menyediakan makanan sehat atau menu untuk diet khusus membuka peluang besar dalam mengikuti tren gaya hidup sehat. Keuntungan dapat diperoleh dari margin yang lebih tinggi, terutama jika bahan-bahan organik atau spesifik untuk diet tertentu digunakan.

Namun, kelemahannya terletak pada biaya bahan baku yang lebih tinggi dan target pasar yang lebih terbatas. Contohnya, bisnis paket sarapan sehat, kamu dapat menjual menu seperti overnight oats dengan buah segar dan smoothie sayur. Dengan harga jual Rp35.000, kamu bisa mendapatkan keuntungan mencapai Rp15.000.

3. Katering Rumahan

Bisnis katering rumahan menawarkan kenyamanan bagi mereka yang ingin menyelenggarakan acara kecil tanpa repot. Contoh bisnis katering rumahan ini adalah berjualan nasi kotak, dengan harga per kotaknya di kisaran Rp40.000, kamu bisa mendapatkan keuntungan hingga Rp15.000.

Kelebihan utama bisnis ini adalah fleksibilitas dalam menyesuaikan menu sesuai keinginan pelanggan dan biaya operasional yang lebih rendah dibandingkan dengan katering besar. Kelemahannya pada tantangan dalam manajemen waktu, logistik acara, dan persaingan di pasar lokal.

4. Kue

Membuat dan menjual kue dari rumah dapat menjadi bisnis yang memuaskan pencinta makanan manis. Keuntungan dapat diperoleh dari margin yang baik dan keunikan dalam desain produk. Kekurangannya terletak pada proses pembuatan yang lumayan sulit, serta persaingan tinggi di pasar kue lokal.

Namun, dengan pemasaran yang kreatif, bisnis ini dapat tumbuh pesat. Misalnya, dengan berjualan red velvet cake seharga Rp150.000, keuntungan mencapai Rp50.000 bisa kamu dapatkan per satuan kuenya. 

5. Minuman Segar

Menjual minuman segar dari dapur rumahan memberikan keuntungan dari minat konsumen terhadap gaya hidup sehat. Margin keuntungan bisa cukup besar, terutama jika menggunakan bahan-bahan berkualitas tinggi. Kelemahannya ada di persaingan yang semakin ketat di pasar minuman segar dan tantangan logistik dalam penyimpanan dan pengiriman bahan-bahan segar.

Namun, dengan fokus pada inovasi dan pelayanan pelanggan, bisnis ini bisa berkembang dengan baik. Salah satu contoh minuman segar yang banyak penikmatnya adalah smoothies dengan rentang harga Rp15.000 sampai Rp20.000 yang bisa menghasilkan keuntungan Rp5.000-Rp10.000.

6. Frozen Food

Bisnis frozen food dari rumah dapat menjadi pilihan yang menarik, terutama untuk mereka yang memiliki keterampilan dalam memasak. Contoh produknya adalah chicken teriyaki bento seharga Rp30.000 serta bisa menghasilkan profit Rp10.000 per porsi.

Keuntungan utamanya terletak pada kemudahan penyimpanan dan persiapannya. Margin keuntungan dapat mencapai angka yang tinggi, terutama jika bahan-bahan berkualitas tinggi digunakan. Namun, tantangan dalam logistik pengiriman dan persaingan dengan produk serupa di pasar bisa menjadi kelemahan.

Baca juga: Apa Itu UMKM? Berikut Pengertian, Contoh, Peran dan Perkembangannya

Ide Bisnis Rumahan Pakaian, Aksesoris dan Kecantikan

Selain makanan dan minuman, jangan lewatkan peluang berbisnis pakaian, aksesoris, dan berbagai kebutuhan untuk produk kecantikan. Simak daftar selengkapnya di bawah ini, ya!

7. Jualan Barang Bekas atau Antik

Menjual barang bekas atau antik dari rumah dapat menjadi bisnis yang berkelanjutan. Keuntungan utamanya pada biaya awal yang rendah dan potensi untuk menemukan barang-barang langka dengan harga murah.

Kekurangannya terletak pada waktu yang dibutuhkan untuk menemukan barang yang memiliki nilai, serta persaingan dengan platform online lainnya. Berjualan barang bekas atau antik bisa menghasilkan ratusan hingga jutaan rupiah per item, ini bergantung dari value dari barang yang ditawarkan.

8. Menjahit dan Desain Busana

Bisnis menjahit dan desain busana dari rumah menawarkan kesempatan untuk menghasilkan karya kreatif sambil mendapatkan keuntungan finansial. Keuntungan per satuannya tergantung pada kompleksitas dan bahan yang digunakan.

Namun, kelemahannya pada persaingan yang ketat dalam industri ini dan tuntutan pelanggan yang sering kali personal. Nah, profit yang bisa dihasilkan dari bisnis ini berada di kisaran Rp 5 juta hingga Rp 15 juta per proyeknya, sesuai dengan tingkat kesulitan dan permintaan pasar.

9. Pembuatan Kerajinan Tangan

Membuat dan menjual kerajinan tangan dari rumah adalah ide bisnis yang cocok untuk orang-orang yang memiliki keterampilan seni dan kerajinan. Keuntungan utamanya dapat diperoleh dari uniknya produk dan kecenderungan konsumen untuk mendukung produk lokal.

Dengan begitu, profit yang dapat kamu hasilkan mampu mencapai angka Rp 3 juta sampai Rp 8 juta. Akan tetapi, kekurangan bisnis ini terletak pada tantangan dalam pemasaran dan skalabilitas produksi.

10. Jualan Produk Kecantikan atau Perawatan Kulit

Membuka bisnis jualan produk kecantikan atau perawatan kulit dari rumah dapat menjadi peluang yang menjanjikan. Keuntungan bergantung pada marjin keuntungan yang dapat diterapkan pada produk-produk tersebut dan profitnya berkisar antara Rp 5 juta – Rp 10 juta per bulan tergantung pada volume penjualan dan strategi pemasaran.

Kekurangannya terletak pada persaingan yang ketat di industri kecantikan dan persyaratan perizinan yang mungkin diperlukan. Namun, dengan penekanan pada kualitas produk dan strategi pemasaran yang efektif, bisnis ini dapat berhasil.

11. Pusat Pelatihan Kecantikan

Mendirikan pusat pelatihan kecantikan dari rumah dapat menjadi peluang bisnis yang menarik. Keuntungan profitnya berkisar di Rp 20 juta – Rp 40 juta per bulan tergantung pada jumlah peserta dan jenis kursus yang ditawarkan. Kelebihannya termasuk biaya operasional yang rendah dan fleksibilitas waktu. Namun, tantangan dapat muncul dalam pemasaran untuk menarik peserta dan memastikan kualitas pelatihan yang konsisten.

12. Resell Fashion (Pakaian Bekas)

Menjual pakaian bekas atau resell fashion dari rumah adalah ide bisnis yang ramah lingkungan dan ekonomis. Keuntungan per satuannya dapat bervariasi tergantung pada merek dan kondisi pakaian. Keuntungan utamanya adalah biaya awal yang rendah dan potensi untuk menjangkau pasar yang luas.

Profit Rp 3 juta – Rp 8 juta per bulan bisa kamu dapatkan, tergantung pada volume penjualan dan popularitas barang. Kelemahan bisnis ini terletak pada persaingan yang tinggi dan tuntutan dalam memilih produk berkualitas untuk dijual.

13. Produk Perawatan Kulit Alami

Bisnis produk perawatan kulit alami dari rumah menggabungkan kecintaan terhadap kecantikan dan kesehatan kulit. Keuntungannya cukup besar, terutama jika bahan-bahan alami berkualitas tinggi digunakan, yaitu Rp 7 juta – Rp 15 juta per bulan.

Kelebihannya termasuk tren meningkatnya kesadaran konsumen terhadap produk alami. Namun, kelemahannya terletak pada persaingan yang ketat dan perlunya uji coba produk sebelum peluncuran.

14. Penyedia Jasa Makeup untuk Acara Khusus

Menawarkan jasa makeup untuk acara khusus dari rumah memberikan kesempatan untuk mengekspresikan kreativitas dalam dunia kecantikan. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada kompleksitas tata rias dan permintaan klien, yaitu Rp 5 juta – Rp 12 juta per acara.

Keuntungan utamanya termasuk biaya operasional yang rendah dan potensi untuk membangun portofolio yang solid. Kekurangannya pada persaingan yang ketat dan kebutuhan untuk tetap mengikuti tren makeup terkini.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Rumahan Paling Cuan di Tahun 2024

Ide Bisnis Rumahan untuk Freelancer

Menjadi freelancer juga bisa menjadi pilihan menarik bagi kamu yang sedang mencari ide bisnis di rumah. Apa sajakah itu? Mari perhatikan pembahasannya berikut ini, ya!

15. Desain Grafis atau Layanan Desain

Menawarkan layanan desain grafis dari rumah memberikan peluang untuk mengekspresikan kreativitas melalui desain visual. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada tingkat kompleksitas proyek dan keterlibatan waktu, misalnya Rp 5 juta – Rp 20 juta per proyek.

Keuntungan lainnya adalah biaya operasional yang rendah, fleksibilitas waktu, dan potensi untuk membangun portofolio yang kuat. Kelemahan bisnis terletak pada persaingan yang ketat dan perluasan jaringan pelanggan.

16. Jasa Penulisan atau Redaksi

Menyediakan jasa penulisan atau redaksi dari rumah dapat menjadi peluang bisnis yang menjanjikan. Profit dapat bervariasi tergantung pada jenis proyek dan tingkat kesulitan. Contohnya, Rp 3 juta – Rp 5 juta per bulan, sesuai dengan jumlah artikel dan tingkat kesulitannya.

Kelebihannya termasuk biaya operasional yang rendah, fleksibilitas jam kerja, dan potensi untuk mengembangkan keahlian di berbagai industri. Kekurangan usaha ini terletak pada persaingan yang ketat dan perluasan jaringan pelanggan.

17. Pengembangan Web dan Desain Situs Web

Menawarkan layanan pengembangan web dan desain situs web dari rumah adalah bisnis yang sangat dibutuhkan di era digital ini. Keuntungan cukup besar, tergantung pada tingkat kompleksitas proyek, yaitu Rp 10 juta – Rp 30 juta untuk setiap proyek atau per bulannya.

Kelebihan ini termasuk kemungkinan untuk menjangkau klien global dan fleksibilitas kerja. Kekurangan usaha ini terletak pada perluasan keahlian teknis, persaingan yang ketat, dan perubahan cepat dalam teknologi.

18. Konsultan Bisnis

Menyediakan layanan konsultasi bisnis dari rumah memungkinkan kamu berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan pemilik bisnis lainnya. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis konsultasi dan tingkat spesialisasi.

Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu dan kemampuan untuk membangun reputasi di industri tertentu. Kelemahan bisnis ini ada pada perlunya pemasaran yang kuat untuk menarik klien dan persaingan yang tinggi di pasar konsultasi bisnis.

19. Penerjemah atau Editor

Menawarkan layanan penerjemah atau editor dari rumah dapat menjadi bisnis yang menguntungkan. Keuntungannya sesuai pada tingkat kesulitan proyek dan bahasa yang diterjemahkan. Biasanya angka profit berkisar di Rp 5 juta – Rp 6 juta per bulan.

Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu dan potensi untuk bekerja dengan klien internasional. Kekurangannya terletak pada persaingan yang ketat dan perlunya keakuratan yang tinggi.

20. Pengajar atau Pelatih Online

Menjadi pengajar atau pelatih online dari rumah memberikan kesempatan untuk berbagi pengetahuan dan keterampilan dengan siswa dari seluruh dunia. Profit dari bisnis ini dapat bervariasi tergantung pada tingkat spesialisasi dan jumlah siswa. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu, potensi pendapatan pasif, dan jangkauan pasar global. Kelemahannya ada pada persaingan yang ketat dan perluasan keahlian dalam teknologi pembelajaran online.

21. Penyedia Layanan IT

Menyediakan layanan IT dari rumah dapat mencakup berbagai aspek, mulai dari dukungan teknis hingga pengembangan perangkat lunak. Keuntungan dapat bervariasi sesuai pada jenis layanan dan tingkat kompleksitas proyek. Profit berkisar antara Rp 15 juta – Rp 40 juta per proyek tergantung pada jenis layanan dan kompleksitas. Kelebihannya termasuk potensi pendapatan yang stabil dan fleksibilitas waktu. Kekurangannya terletak pada persaingan yang ketat dan perluasan keahlian teknis.

22. Jasa Pemasaran Konten

Menawarkan jasa pemasaran konten dari rumah adalah peluang bisnis yang sesuai dengan tren pemasaran digital saat ini. Keuntungannya antara Rp 7 juta – Rp 20 juta per proyek tergantung pada jenis konten dan tingkat keterlibatan. Kelebihannya termasuk kreativitas dalam pekerjaan, potensi jangkauan global, dan keberlanjutan pendapatan. Kelemahannya ada pada persaingan yang tinggi dan perluasan keahlian dalam tren pemasaran terbaru.

23. Jasa Pemotretan atau Videografi

Menyediakan jasa pemotretan atau videografi dari rumah memberikan peluang untuk mengekspresikan kreativitas visual. Keuntungan tergantung pada jenis proyek dan tingkat keterlibatan, yaitu di kisaran antara Rp 10 juta – Rp 40 juta. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu dan kemungkinan untuk bekerja dalam berbagai genre. Kekurangan bisnis ini adalah perlunya peralatan yang berkualitas tinggi dan persaingan yang ketat di industri ini.

24. Jasa Virtual Assistant

Menawarkan jasa virtual assistant (asisten virtual) dari rumah dapat menjadi pilihan bisnis yang memberikan dukungan administratif kepada berbagai perusahaan dan pebisnis online. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis tugas yang dilakukan dan tingkat kompleksitas, dengan profit per bulannya mencapai Rp 5 juta. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu, keberlanjutan pendapatan, dan potensi untuk bekerja dengan klien dari berbagai industri. Kekurangan ada pada persaingan yang tinggi di pasar virtual assistant dan perlunya berbagai keterampilan multitasking.

25. Jasa Layanan SEO

Menyediakan jasa layanan SEO (Search Engine Optimization) dari rumah adalah bisnis yang sangat relevan dengan perkembangan online saat ini. Rentang keuntungannya dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan yang ditawarkan dan tingkat kompleksitas proyek SEO, yaitu di kisaran antara Rp 1 juta – Rp 10 juta per proyek. Kelebihannya termasuk keterlibatan dalam industri digital yang terus berkembang, potensi pendapatan yang stabil, dan jangkauan pasar global. Kelemahannya terletak pada perubahan algoritma search engine yang perlu diikuti dan persaingan yang ketat di pasar layanan SEO.

Ide Bisnis Rumahan Online

Selanjutnya, masih banyak ide usaha di rumah secara online yang bisa kamu lirik untuk menghasilkan uang. Yap, di bawah ini adalah bisnis yang bisa dijalankan di rumah. Berikut adalah daftar selengkapnya!

26. Toko Online

Mendirikan toko online dari rumah memberikan peluang untuk menjual produk secara global. Manfaat usaha ini tergantung pada jenis produk dan strategi pemasaran. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu, potensi pendapatan yang besar, dan akses ke pasar yang luas. Kekurangannya terletak pada persaingan yang ketat dan perlunya manajemen inventaris yang efisien.

27. Pemasaran Afiliasi

Terlibat dalam pemasaran afiliasi dari rumah adalah cara untuk mendapatkan komisi dari penjualan produk atau layanan orang lain. Keuntungan tergantung pada tingkat komisi dan tingkat konversi yang bisa mencapai angka Rp 5 juta – Rp 20 juta. Kelebihannya termasuk biaya awal yang rendah dan potensi pendapatan pasif. Kelemahan usaha ini ada pada perlunya membangun audiens yang besar dan fluktuasi komisi yang mungkin terjadi.

28. Dropshipping

Memulai bisnis dropshipping dari rumah memungkinkan kamu menjual produk tanpa harus menyimpan stok fisik. Keuntungan per satuannya dapat bervariasi tergantung pada margin keuntungan dan volume penjualan. Total profit yang bisa didapatkan adalah Rp 10 juta – Rp 30 juta per bulan. Kelebihannya termasuk risiko modal yang rendah dan fleksibilitas dalam menambah atau mengubah produk. Kekurangannya terletak pada ketergantungan pada pemasok dan persaingan yang ketat di pasar dropshipping.

29. Penerbitan E-Book

Menyediakan e-book dari rumah adalah cara untuk memonetisasi pengetahuan atau kreativitas. Keuntungan per satuannya tergantung pada harga e-book dan volume penjualan. Kelebihannya termasuk potensi pendapatan pasif dan biaya produksi yang rendah. Kelemahannya pada persaingan yang ketat di pasar e-book dan perlunya strategi pemasaran yang efektif.

30. Penulisan Blog

Menawarkan layanan penulisan blog dari rumah adalah peluang bisnis untuk mendapatkan pendapatan dengan mengekspresikan ide dan pengetahuan melalui tulisan. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada tingkat kesulitan dan panjang artikel. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu dan peluang untuk membangun reputasi sebagai penulis. Kekurangan bisnis ini terletak pada persaingan yang tinggi dan perlunya keterampilan penulisan yang baik untuk membedakan diri dari yang lain.

31. Pembuatan Konten Multimedia

Membuat konten multimedia seperti podcast, video YouTube, atau saluran streaming dari rumah adalah cara untuk menyampaikan pesan atau hiburan kepada audiens online. Keuntungan tergantung pada monetisasi yang diterapkan, seperti iklan, sponsor, atau langganan, yang bisa mencapai keuntungan antara Rp 8 juta – Rp 25 juta. Kelebihannya melibatkan kreativitas tanpa batas dan potensi penghasilan yang dapat diperoleh dari berbagai sumber. Namun, kelemahannya ada pada persaingan yang ketat dan perlunya konsistensi dalam menghasilkan konten berkualitas.

32. Menjadi Influencer

Menjadi seorang influencer, baik dalam skala mikro maupun makro, adalah bisnis rumahan yang mengandalkan pengaruh dan kehadiran digital. Keuntungan dari setiap brand dapat berasal dari kerjasama merek, sponsor, atau penghasilan afiliasi, mulai dari angka ratusan ribu hingga jutaan rupiah per konten.

Kelebihannya termasuk potensi penghasilan yang besar dan fleksibilitas dalam merancang konten. Namun, kekurangannya terletak pada kebutuhan untuk membangun dan memelihara audiens yang terlibat, serta ketergantungan pada tren dan algoritma platform media sosial.

Ide Bisnis Rumahan Lainnya

Di bawah ini merupakan ide usaha di rumah lainnya yang bisa kamu jadikan pertimbangan ketika ingin memilih bisnis apa yang cocok dikerjakan dari rumah. Simak penjelasan lengkapnya pada pembahasan di bawah ini.

33. Salon Kecantikan Rumahan

Membuka salon kecantikan rumahan dapat menjadi bisnis yang menguntungkan untuk pelayanan seperti potong rambut, perawatan kulit, atau manikur. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan dan kisaran harga, dengan profit di kisaran Rp 5 juta – Rp 20 juta per bulan. Kelebihannya termasuk fleksibilitas waktu, potensi keuntungan yang tinggi, dan hubungan yang lebih personal dengan pelanggan. Namun, kelemahannya ada pada persaingan yang ketat di industri kecantikan dan perlunya peralatan dan izin yang sesuai.

34. Jualan Tanaman atau Tanaman Hias

Memulai bisnis penjualan tanaman atau tanaman hias dari rumah adalah peluang yang pas untuk pecinta tanaman. Profit tergantung pada jenis tanaman dan tingkat permintaan, yaitu di rentang Rp 3 juta – Rp 15 juta per bulan.

Minat yang meningkat dalam tanaman hias dan potensi untuk menjual secara lokal atau online. Namun, kekurangannya terletak pada tantangan dalam perawatan tanaman dan persaingan yang ketat di pasar tanaman.

35. Jasa Pemotretan

Menyediakan jasa pemotretan dari rumah adalah bisnis yang cocok untuk mereka dengan keterampilan fotografi. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis layanan dan kompleksitas proyek, yaitu antara Rp 10 juta – Rp 40 juta per bulan.

Kreativitas yang tidak terbatas dan potensi untuk membangun portofolio yang solid. Kelemahannya adalah perlunya peralatan fotografi yang berkualitas tinggi dan persaingan yang ketat di industri fotografi.

36. Pelatihan Musik atau Seni

Menyediakan pelatihan musik atau seni dari rumah adalah cara untuk membantu individu mengembangkan bakat mereka. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis pelatihan dan durasi sesi.

Kelebihannya melibatkan kreativitas tanpa batas dan potensi untuk membentuk pengalaman yang personal dengan murid. Namun, kelemahannya terletak pada persaingan yang ketat dan perlunya kemampuan pengajaran yang baik.

37. Pembuatan Sabun atau Produk Perawatan Tubuh

Memulai bisnis pembuatan sabun atau produk perawatan tubuh dari rumah adalah cara untuk menjual barang-barang yang dihasilkan secara handmade. Keuntungan per bulannya adalah Rp 5 juta – Rp 20 juta, bergantung pada jenis produk dan bahan baku yang digunakan. Kelebihannya termasuk fleksibilitas dalam merancang produk dan potensi untuk membangun merek yang unik. Kekurangan bisnis ini ada pada peraturan keamanan produk dan persaingan yang ketat di pasar produk perawatan tubuh.

38. Perawatan Hewan Peliharaan

Menyediakan layanan perawatan hewan peliharaan dari rumah adalah cara untuk membantu pemilik hewan yang sibuk. Keuntungan dapat bervariasi, yaitu Rp 5 juta – Rp 25 juta per bulan tergantung pada jenis layanan dan permintaan. Namun, kelemahannya terletak pada tanggung jawab yang tinggi terhadap kesejahteraan hewan dan persaingan yang ada di pasar perawatan hewan.

39. Penitipan Hewan/ Pet Hotel

Membuka pet hotel atau jasa penitipan hewan dari rumah adalah bisnis yang memenuhi kebutuhan pemilik hewan saat mereka bepergian. Keuntungannya di kisaran Rp 20 juta – Rp 50 juta per bulan, tergantung pada jenis pelayanan dan fasilitas yang disediakan.

Kelebihannya melibatkan cinta terhadap hewan dan potensi untuk membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan. Kelemahannya pada tanggung jawab yang besar dan perlunya izin dan persetujuan dari otoritas setempat.

40. Pelatihan Kesehatan dan Kebugaran

Menyediakan layanan pelatihan kesehatan dan kebugaran dari rumah adalah cara untuk membantu orang mencapai tujuan kesehatan mereka. Keuntungan dapat bervariasi tergantung pada jenis pelatihan dan reputasi, yaitu bisa mencapai angka Rp 10 juta per bulan.

Kontribusi positif terhadap kesehatan dan kesejahteraan orang, serta fleksibilitas waktu merupakan kelebihan bisnis ini. Kekurangannya terletak pada persaingan yang ketat dan perluasan keahlian dalam tren kebugaran terkini.

Tips Sukses Memulai Usaha Rumahan

Memulai usaha rumahan bisa menjadi langkah yang menantang, tetapi dengan langkah-langkah yang tepat, kesuksesan dapat lebih mudah dicapai. Nah, temukan passion yang sesuai dengan bidang usaha yang dijalani dan kenali pasar dengan baik.

Rencanakan bisnis secara sederhana dengan fokus pada tujuan, target pasar, dan strategi pemasaran. Manfaatkan teknologi untuk memperluas jangkauan bisnis, baik melalui media sosial maupun situs web.

Berinteraksi secara positif dengan pelanggan dan bangun reputasi yang baik. Terakhir, siapkan alat transaksi digital seperti dompet digital untuk mempermudah proses pembayaran dan meningkatkan efisiensi penjualan.

Nah, BATPay merupakan dompet digital yang bisa menjadi pilihan dalam mempermudah transaksi digital. Dengan begitu, setiap proses pembayaran akan berjalan dengan cepat dan praktis.

Mizzart Al Fatih
Mizzart Al Fatih
Content writer aneka topik: finansial, kesehatan, dan video game.

Artikel Terkait

Ide Bisnis Sampingan
Bisnis Anak Muda
Usaha Sampingan Karyawan
30 Ide Usaha Sampingan Karyawan yang Sibuk!
Scroll to Top
Share to...