Syarat & Ketentuan
Syarat dan Ketentuan ini berisikan tentang penyedia layanan Uang Elektronik BATPay, ketentuan-ketentuan mengenai tata cara mendaftar untuk menjadi pengguna layanan BATPay, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Aplikasi BATPay. Syarat dan Ketentuan ini dipergunakan sebagai Perjanjian Berlangganan untuk kejelasan, kepastian, keamanan, serta kenyamanan para pengguna.
A. PERSETUJUAN
Dengan mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran pada Aplikasi BATPay, serta mengunakan layanan-layanan Kami, berarti Pengguna dianggap telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.
B. DEFINISI
- BATPay adalah aplikasi Penyedia Jasa Pembayaran berupa Uang Elektronik yang diterbitkan dan diselenggarakan oleh PT Reka Multi Aptika.
- Pengguna BATPay dapat mengunduh aplikasi mobile BATPay di Google Play Store.
- Pengguna atau User BATPay adalah orang yang memiliki akun di Aplikasi BATPay dan menggunakan akun BATPay.
- PT Reka Multi Aptika menyediakan layanan informasi yang berkaitan dengan aplikasi BATPay melalui website resmi BATPay di www.batpay.id.
- Nomor Handphone adalah nomor telepon seluler yang digunakan oleh pengguna untuk mengakses aplikasi BATPay dan berfungsi sebagai identitas pengguna.
- Password adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat untuk mengakses aplikasi BATPay dan hanya diketahui oleh pengguna serta bisa diubah oleh pengguna.
- PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pengguna dan harus dimasukkan oleh pengguna pada saat akan bertransaksi menggunakan layanan BATPay.
- Bersama-sama dengan nomor handphone, password, email, password dan/atau PIN digunakan untuk membuktikan bahwa pengguna bersangkutan adalah yang berhak atas layanan BATPay.
- Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan BATPay antara lain: transaksi pengiriman uang ke sesama pengguna BATPay dan setiap transaksi lainnya yang akan dikembangkan di masa yang akan datang.
- Top-Up adalah transaksi penambahan nilai uang (saldo) ke dalam rekening BATPay.
C. BATPAY AS A USER
- Pengguna BATPay memasukkan nama sesuai KTP, nomor handphone aktif yang digunakan, email aktif yang digunakan, serta membuat password dan PIN pribadi.
- Setiap Nomor Ponsel (Handphone) dan email hanya dapat digunakan oleh 1 (satu) akun BATPay.
- Pengguna yang sudah mendaftarkan diri di aplikasi BATPay dianggap telah membaca, mengerti, menyetujui dan bersedia mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Aplikasi BATPay.
- BATPay memiliki dua level pengguna, yaitu:
- Reguler:
Yaitu Level pengguna yang nomor handphone dan emailnya sudah terdaftar tetapi data identitas pemegangnya belum tercatat di BATPay (Reguler), dengan layanan yang didapatkan sebagai berikut:- Isi Saldo (Cash In)
- Isi saldo maksimal dalam satu waktu Rp 2.000.000,-
- Akumulasi maksimal transaksi dalam satu bulan Rp 20.000.000,-
- Premium:
Yaitu Level pengguna yang data identitas pemegangnya sudah terdaftar dan tercatat di BATPay (Premium), dengan layanan yang didapatkan sebagai berikut:- Isi Saldo (Cash In)
- Transfer Antar Pengguna BATPay.
- Isi saldo maksimal dalam satu waktu Rp 20.000.000,-
- Akumulasi maksimal transaksi dalam satu bulan Rp 40.000.000,-
- Reguler:
- Pengguna dapat meningkatkan level akun dari Reguler menjadi Premium dengan mengikuti prosedur yang berlaku melalui aplikasi BATPay sebagai berikut:
- Foto e-KTP bagian depan;
- Foto Diri/Selfie dengan memegang e-KTP (foto setengah badan/pas foto dengan e-KTP yang terlihat jelas).
- Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang Pengguna sampaikan melalui aplikasi BATPay dan menentukan apakah Pengguna telah memenuhi persyaratan sebagai pengguna yang terverifikasi dan dapat ditingkatkan ke tipe Premium.
- Semua level pengguna hanya dapat melakukan tambah saldo sesuai dengan ketentuan.
- Proses meningkatkan level dari Reguler menjadi Premium bisa saja ditolak jika:
- Foto yang diambil blur dan/atau data pribadi tidak terbaca
- Foto yang diambil terbalik
- Foto yang diambil ada ketidakcocokan
- Ketentuan-ketentuan lainnya yang mengindikasikan adanya niatan untuk melakukan tindak kecurangan atau tidak lazim
- Segala perselisihan atas transaksi akan diselesaikan melalui prosedur yang berlaku di BATPay. BATPay dapat meminta bukti-bukti pendukung atas transaksi tersebut.
- Batas waktu pengajuan atas segala jenis perselisihan atau kendala transaksi maksimal dan hari kalender sejak transaksi dilakukan.
D. CASH IN DAN TRANSAKSI
Pengguna BATPay dapat menambah saldo dengan cara sebagai berikut:
- Transfer Bank:
Ke nomor rekening MANDIRI 122-00-1178881-0 atas nama PT REKA MULTI APTIKA - Setiap saldo yang sudah ditambahkan akan tersimpan secara elektronik di dalam server BATPay. Setiap transaksi yang dilakukan pengguna juga akan tercatat di dalam server BATPay, sehingga jika terjadi perbedaan persepsi berkaitan dengan saldo dan transaksi maka yang menjadi patokan adalah data yang terdapat pada server BATPay.
- Pengguna yang sudah melakukan pendaftaran dan menambahkan saldo dapat melakukan transaksi sesuai dengan batas saldo atau sesuai ketentuan dari Bank Indonesia.
- Aplikasi BATPay dapat digunakan untuk melakukan transaksi sebagai berikut:
- Top Up saldo BATPay via transfer rekening
- Transfer ke sesama pengguna BATPay
- Untuk setiap pelaksanaan transaksi:
- Pengguna wajib memastikan bahwa semua data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar sebelum melakukan penginputan dan eksekusi PIN.
- BATPay tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian dan akibat yang timbul atas sebab kelalaian, kesalahan, dan/atau ketidak hati-hatian Pengguna dalam memasukkan data untuk diproses oleh aplikasi BATPay.
- Pengguna aplikasi BATPay tidak dapat melakukan transaksi apabila saldo Pengguna tidak mencukupi untuk melakukan transaksi.
- Semua transaksi melalui aplikasi BATPay adalah transaksi real time dan/atau online serta tidak dapat dibatalkan.
- Semua transaksi sukses melalui aplikasi BATPay akan tercatat di menu history transaksi dan tersimpan selama 30 hari sejak tanggal transaksi.
- Semua transaksi sukses melalui aplikasi BATPay akan dikirimkan bukti transaksi dan/atau struk transaksi melalui email pengguna yang terdaftar.
- BATPay dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Pengguna jika Pengguna melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Pengguna dapat melakukan transfer dana ke sesama pengguna BATPay (khusus pengguna level Premium).
E. PENGENAAN BIAYA LAYANAN
Biaya yang dikenakan pada aplikasi BATPay yaitu:
- Biaya registrasi: gratis
- Biaya upgrade akun premium: gratis
- Biaya tambah saldo: gratis
- Biaya cek saldo: gratis
- Biaya transfer saldo ke sesama BATPay: gratis
Biaya layanan transfer Bank (khusus Tarik dan Refund): Bank Mandiri Rp0, bank lainnya*
*Catatan:
– Bank yang sudah tergabung dalam BI-Fast : Rp2.500,-
– Bank non-BI-Fast/Realtime : Rp6.500,-
Untuk melihat daftar Bank yang sudah terdaftar di BI-Fast, terlampir.
F. MEKANISME PENARIKAN SALDO
- Pengguna dapat melakukan penarikan saldo sebagian atau seluruhnya dengan mengirimkan email ke [email protected] dengan format :
- Subjek Email : Pengajuan Penarikan Saldo BATPay
- Isi Email :
- Nama Akun BATPay
- Email terdaftar
- Nomor Handphone
- Alasan Penarikan Saldo
- Nama Bank
- Nomor Rekening
- Nama Rekening
- KCU/KCP Bank Terdaftar
- Lampiran Foto KTP dan Foto Selfie
- Proses Penarikan Saldo 1×24 jam Hari Kerja.
- Minimal penarikan saldo Rp10.000 dan terdapat biaya layanan transfer bank sesuai ketentuan : BI-Fast Rp 2.500,- dan/atau Real Time Rp 6.500,-*
*Untuk melihat daftar Bank yang sudah terdaftar di BI-Fast, terlampir.
G. GENERAL
- Koreksi
- BATPay dapat sewaktu-waktu melakukan koreksi (mendebet atau mengkredit) saldo BATPay apabila menurut catatan BATPay terjadi kesalahan dalam transaksi yang terbatas pada permintaan Pengguna dalam rangka top-up, refund, dan/atau tarik tunai.
- Terhadap permintaan koreksi oleh pihak ketiga, BATPay akan melakukan tinjauan dan memutuskan berdasarkan penilaian dan kebijakan BATPay.
- BATPay tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo BATPay tanpa adanya bukti atau informasi yang dianggap cukup bagi BATPay untuk membuktikan adanya kesalahan dalam transaksi.
- Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, pengguna dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada BATPay untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo BATPay Pengguna. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir atas alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengenai penarikan kuasa dari si pemberi kuasa yaitu dalam hal ini adalah Pengguna. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan mempertanggung jawabkan seluruh kebenaran data transaksi yang terjadi pada aplikasi uang elektronik BATPay.
- Password dan PIN BATPay
- Password dan/atau PIN merupakan kode yang bersifat rahasia pribadi dan merupakan kewenangan pengguna
- Pengguna wajib mengamankan password dan/atau PIN dengan cara tidak memberitahukan password dan/atau PIN BATPay kepada orang lain dan berhati-hati agar password dan/atau PIN tidak terlihat orang lain.
- Pengguna wajib untuk melakukan perubahan password dan/atau PIN secara berkala dalam rangka menjaga keamanan akun pengguna.
- Sebagai Pengguna, Pengguna bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Pengguna. Tidak terbatas pada : kerahasiaan Password, PIN, dan/atau kode OTP yang Pengguna gunakan untuk login dan mengakses akun Pengguna dan layanan-layanan BATPay. Oleh karena itu, BATPay tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila Pengguna mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan akun Pengguna, dan dengan ini Pengguna membebaskan BATPay dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Pengguna ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Pengguna (kelalaian pengguna).
- BATPay tidak pernah meminta Password dan/atau PIN maupun kode OTP kepada Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui email ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi BATPay) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan BATPay yang meminta Pengguna untuk memberikan Password dan/atau PIN maupun kode OTP.
- Jangka Waktu
Akun BATPay Pengguna akan aktif selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen, baik oleh Pengguna maupun oleh BATPay. - Pemblokiran dan Penutupan Akses Layanan BATPay
- Akses layanan BATPay dapat diblokir dan ditutup oleh BATPay apabila:
- Pengguna mengajukan permintaan secara resmi kepada BATPay bahwa telepon seluler telah hilang atau telah dicuri atau diretas. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.
- Pengguna dapat mengajukan permintaan secara resmi melalui aplikasi BATPay sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna terkait penutupan akun dan layanan BATPay.
- Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
- Apabila Pengguna memberikan data/informasi/dokumen dan keterangan yang tidak benar atau lazim pada saat melakukan pendaftaran misalnya mendaftarkan dengan nama yang tidak lazim atau selama menggunakan BATPay.
- Sumber dana diketahui berasal dari transaksi yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Adanya indikasi penyalahgunaan atas penggunaan aplikasi BATPay untuk kegiatan yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
- Pengguna terindikasi melakukan transaksi apapun secara tidak lazim/normal baik dari segi kuantiti, waktu, dan jumlah, berdasarkan ketentuan BATPay.
- Aktivasi kembali karena pemblokiran akses layanan poin a, maka pengguna harus mengajukan permintaan kembali secara resmi kepada BATPay. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.
- BATPay memiliki wewenang penuh untuk memblokir secara sementara atau penutupan secara permanen akses pengguna terhadap layanan BATPay dan/atau melaporkan ke otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
- Pengguna dengan ini menyatakan bahwa bertanggungjawab sepenuhnya dan membebaskan BATPay dari segala tuntutan apapun dari pihak manapun sehubungan dengan proses pemblokiran ini.
- Akses layanan BATPay dapat diblokir dan ditutup oleh BATPay apabila:
H. FORCE MAJEURE
- Force Majeure adalah keadaan atau kondisi yang terjadi di luar kemampuan pihak yang mengalaminya untuk mencegahnya dan tidak dapat dihindarkan oleh pihak yang mengalaminya, sehingga menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan seluruh atau sebagian kegiatannya yang berpengaruh terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban dari pihak yang mengalaminya.
- BATPay akan dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan apapun dari pengguna, apabila BATPay tidak dapat melaksanakan perintah, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan BATPay, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, virus komputer yang membahayakan layanan BATPay, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
- Pengguna dengan ini sepakat bahwa kegagalan atau keterlambatan Kami dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dan/atau tanggung jawab Kami yang disebabkan oleh terjadinya Force Majeure tidak dapat dianggap sebagai suatu kejadian kelalaian atau wanprestasi.
- Pengguna dengan ini sepakat untuk tidak akan mengajukan gugatan, tuntutan, klaim dan/atau meminta ganti kerugian atas keterlambatan atau kegagalan Kami dalam melaksanakan dan memenuhi kewajiban-kewajiban Kami yang disebabkan oleh Force Majeure.
I. HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
- Seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
- Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
- Salah satu pihak baik Pengguna dan/atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”) maksimal 30 hari kalender setelah munculnya sebab-sebab tersebut. Perselisihan wajib diselesaikan terlebih dahulu secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
- Kami akan mengganti kerugian finansial kepada Pengguna sepanjang kerugian tersebut tidak disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Pengguna BATPay;
- Pengguna dan/atau Kami, dan/atau secara sendiri-sendiri, berhak untuk mengajukan penyelesaian sengketa ke Pengadilan Negeri atau instansi pemerintah yang berwenang. Dalam hal penyelesaian perselisihan melalui Pengadilan jika ada biaya timbul akan dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak yang melaporkan, kemudian akan diganti oleh pihak yang terbukti secara sah bersalah di muka hukum sampai dengan adanya putusan yang final dan mengikat.
J. LAYANAN PENGGUNA DAN CUSTOMER SUPPORT
- BATPay menyediakan layanan Customer Support (CS) untuk melayani pengguna yang membutuhkan informasi atau pertanyaan berkaitan dengan aplikasi BATPay.
- Pengguna hanya menghubungi Customer Support (CS) resmi kami seperti yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan tidak merespon kepada customer support di luar yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Customer Support (CS) BATPay dapat dihubungi melalui Email: [email protected]
K. LAIN-LAIN
- BATPay berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan yang berlaku ini setiap saat.
- BATPay, termasuk didalamnya nama dan logo, desain, teknologi dan bisnisnya, seluruhnya dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak atas kekayaan intelektual lainnya serta patuh pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan BATPay, termasuk hak-hak yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak akan mengakibatkan beralihnya atau dianggap memberikan hak bagi pengguna untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual BATPay dalam arti yang seluas-luasnya terhadap hak-hak atas kekayaan intelektual sebagaimana disebutkan di atas.
- Dengan menggunakan BATPay, Pengguna dianggap telah mengerti atas segala risiko seperti pencurian saldo, pengambilalihan akun dan penipuan. Oleh karena itu, kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menjaga akun Pengguna dari segala tindak kejahatan.
- Pengguna menyatakan bahwa BATPay telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna BATPay dan pengguna telah mengerti serta memahami segala konsekuensi dari penggunaan layanan BATPay termasuk didalamnya manfaat, risiko, dan biaya-biaya sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.
- Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
- Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan BATPay, maka pengguna menyatakan bahwa pengguna tunduk dan terikat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku di BATPay termasuk setiap perubahan terhadap syarat dan ketentuan, fitur-fitur, dan layanan yang didasari atas kebijakan BATPay sendiri.
L. PERUBAHAN
- Kami dapat meninjau dan mengubah Syarat dan Ketentuan ini atas pertimbangan Kami untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang-undangan yang berlaku dan/atau perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang memerintahkan atau mewajibkan Kami untuk mengubah ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
- Kami akan menginformasikan Pengguna mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas melalui Aplikasi BATPay, Media Komunikasi, atau Media Publikasi paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku secara efektif, dan perubahan dimaksud akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia khususnya mengenai perlindungan konsumen sebagaimana relevan.
- Pengguna bertanggung jawab sendiri untuk selalu dan secara rutin memeriksa, membaca, dan mempelajari informasi-informasi yang Kami sampaikan kepada Pengguna, baik melalui Aplikasi BATPay, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.