Syarat & Ketentuan

Daftar isi

Syarat dan Ketentuan ini berisikan tentang penyedia layanan Uang Elektronik BATPay mengenai ketentuan-ketentuan tata cara mendaftar untuk menjadi pengguna layanan BATPay, dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan Aplikasi BATPay. Syarat dan Ketentuan ini dipergunakan sebagai Perjanjian Berlangganan untuk menjamin kejelasan, kepastian, keamanan, serta kenyamanan para Pengguna.

PERSETUJUAN

Dengan mengunduh, mengakses, melakukan pendaftaran pada Aplikasi BATPay, serta menggunakan layanan-layanan Kami, berarti Pengguna dianggap telah membaca, mempelajari, memahami, dan menyetujui seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini.

DEFINISI
    1. BATPay adalah aplikasi Penyedia Jasa Pembayaran berupa Uang Elektronik yang diterbitkan dan diselenggarakan oleh PT Reka Multi Aptika.
    2. Pengguna BATPay dapat mengunduh aplikasi mobile BATPay di Google Play Store dan App Store.
    3. Pengguna atau User BATPay adalah orang yang memiliki akun di Aplikasi BATPay untukmelakukan transaksi di Aplikasi BATPay.
    4. PT Reka Multi Aptika menyediakan layanan informasi yang berkaitan dengan aplikasi BATPay melalui website resmi BATPay di www.batpay.id.
    5. Nomor Handphone adalah nomor telepon seluler yang digunakan oleh pengguna untukmengakses aplikasi BATPay dan berfungsi sebagai identitas pengguna.
    6. Password adalah kombinasi huruf dan angka yang dibuat untuk mengakses aplikasi BATPaydan hanya diketahui oleh pengguna serta bisa diubah oleh pengguna.
    7. PIN (Personal Identification Number) adalah nomor identifikasi pribadi yang bersifat rahasia dan hanya diketahui oleh pengguna dan harus dimasukkan oleh pengguna pada saat akan bertransaksi menggunakan layanan BATPay.
    8. OTP (One Time Password) adalah sebuah kode yang dikirimkan dan digunakan sebagai metode verifikasi pada aplikasi BATPay dengan Masking Name SMS : BATPay.
    9. Email adalah salah satu metode verifikasi akun yang digunakan dalam aplikasi BATPay. Email dikirim dari [email protected].
    10. Pertanyaan Keamanan (Security Question) adalah sebuah metode verifikasi untuk menjaga keamanan dan keaslian pemilik akun.
    11. Bersama-sama dengan nomor handphone, password, email, PIN, dan/atau pertanyaan keamanan digunakan untuk membuktikan bahwa pengguna bersangkutan adalah yang berhak atas layanan BATPay.
    12. Transaksi adalah transaksi yang dapat dilakukan oleh Pengguna melalui layanan BATPay antara lain: Top Up, Transfer ke Sesama BATPay, Transfer ke Bank, Transfer ke E-wallet, Pembayaran metode QRIS, Tarik Saldo Manual dan Pembelian Produk Digital (PPOB).
    13. Upgrade Akun adalah aktivitas peningkatan level akun Pengguna dari Reguler menjadiPremium untuk mendapatkan lebih banyak layanan.
BATPAY AS A USER
  1. Pengguna memasukan nama lengkap sesuai di KTP, nomor handphone aktif, email aktif, lalu membuat password, kemudian memilih atau menentukan sendiri pertanyaan keamanan dan membuat PIN pribadi untuk mendaftar akun pada aplikasi BATPay. Pengguna yang sudah berhasil mendaftar, akan menjadi Pengguna BATPay dengan level Reguler.
  2. Setiap Nomor Ponsel (Handphone) dan email hanya dapat digunakan oleh 1 (satu) akun BATPay.
  3. Pengguna yang sudah mendaftarkan diri di aplikasi BATPay dianggap telah membaca, mengerti, menyetujui dan bersedia mengikuti segala ketentuan yang berlaku di Aplikasi BATPay.
  4. BATPay memiliki dua level pengguna, yaitu:
    • Reguler
      Level pengguna yang nomor handphone dan emailnya sudah terdaftar tetapi data identitas pemegangnya seperti Foto KTP dan Data Identitas KTP belum tercatat di sistem BATPay, layanan yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:
      a) Isi Saldo (Cash In)
      b) Upgrade Akun menjadi Premium
      c) Isi saldo maksimal dalam satu waktu Rp 2.000.000,-
      d) Akumulasi maksimal transaksi dalam satu bulan Rp 20.000.000,-
      e) Pembayaran menggunakan QRIS
    • Premium
      Level pengguna yang data identitas pemegangnya seperti Foto KTP dan Data Identitas KTP sudah terdaftar dan tercatat di sistem BATPay, layanan yang akan didapatkan adalah sebagai berikut:
      a) Isi Saldo (Cash In)
      b) Transfer Ke Sesama Pengguna BATPay
      c) Transfer ke Bank
      d) Transfer ke Dompet Elektronik (E-wallet)
      e) Pembayaran menggunakan QRIS
      f) Pembelian Produk Digital (PPOB)
      g) Tarik Saldo Manual
      h) Isi saldo maksimal dalam satu waktu Rp 20.000.000,-
      i) Akumulasi maksimal transaksi dalam satu bulan Rp 40.000.000,-
  5. Pengguna dapat meningkatkan level akun dari Reguler menjadi Premium dengan mengikuti prosedur yang berlaku melalui aplikasi BATPay, sebagai berikut:
    • Foto e-KTP bagian identitas Pengguna;
    • Foto Selfie.
  6. Kami akan melakukan verifikasi atas informasi dan dokumen yang sudah Pengguna ajukan melalui aplikasi BATPay, kemudian kami akan menentukan apakah Pengguna telah memenuhi standar persyaratan yang terverifikasi dan bisa menjadi akun Premium.
  7. Semua level pengguna hanya dapat melakukan tambah saldo sesuai dengan ketentuan.
  8. Proses meningkatkan level dari Reguler menjadi Premium bisa saja ditolak jika:
    • Foto yang diambil blur dan/atau data pribadi tidak terbaca
    • Foto yang diambil terbalik
    • Foto yang diambil ada ketidakcocokan.
    • Data yang diajukan tidak sesuai dengan informasi pada KTP yang terkoneksi dengan Dukcapil
    • Ketentuan-ketentuan lainnya yang mengindikasikan adanya niatan untuk melakukan
      tindak kecurangan atau tidak lazim
  9. Segala perselisihan atas transaksi akan diselesaikan melalui prosedur yang berlaku di BATPay. BATPay dapat meminta bukti-bukti pendukung atas transaksi tersebut, dengan waktu penyelesaian disesuaikan dengan kendala yang terjadi.
FITUR PADA APLIKASI BATPAY

Pengguna BATPay dapat melakukan berbagai Transaksi melalui fitur-fitur yang tersedia pada aplikasi BATPay, yaitu:

  1. Saldo BATPay
    • Saldo BATPay adalah Uang Elektronik yang berada di dalam akun Pengguna BATPay. Pengguna dapat menambahkan saldo uang elektronik dengan melakukan Top Up ke aplikasi BATPay.
    • Saldo BATPay hanya dapat digunakan untuk melakukan Transaksi melalui Aplikasi BATPay.
    • Saldo BATPay dapat dipindahkan ke Akun Pengguna BATPay lain, Bank dan E-wallet melalui metode Transfer.
    • Saldo BATPay dapat digunakan atau ditransaksikan seluruhnya sampai bersaldo nihil, dengan catatan tidak melebihi batas limit transaksi bulanan.
    • Saldo BATPay bukan merupakan simpanan sebagaimana dimaksud dalam Undang-Undang tentang Perbankan dan tidak akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan sebagaimana diatur dalam Undang-Undang tentang Lembaga Penjamin Simpanan. Sehingga dalam hal ini, Pengguna tidak akan memperoleh bunga dalam bentuk apapun.
  2. Top Up Saldo BATPay
    • Top Up adalah fitur penambahan saldo BATPay yang dapat dilakukan dengan metode virtual account.
    • Jumlah penambahan saldo (Top Up) ditentukan oleh Pengguna BATPay dengan mengikuti ketentuan jumlah minimum dan maksimum yang tertera pada BATPay.
    • Jumlah penambahan saldo (Top Up) minimum untuk Pengguna Reguler dan Premium yaitu sebesar Rp10.000.
    • Maksimal Top Up ditentukan berdasarkan level Pengguna BATPay.
      1. Pengguna Reguler maksimal Top Up dalam satu waktu sebesar Rp2.000.000.
      2. Pengguna Premium maksimal Top Up dalam satu waktu sebesar Rp20.000.000.
    • Biaya layanan yang berlaku dalam Top Up akan dibebankan ke Pengguna BATPay. Besaran biaya layanan yang dibebankan ke Pengguna BATPay untuk Top Up dapat dilihat di Pengenaan Biaya Layanan.
  3. Transfer
    • Transfer merupakan fitur pada aplikasi BATPay dimana Pengguna dapat mengirimkan sebagian atau seluruh saldo BATPay yang tersedia kepada Pengguna BATPay lain maupun kepada non-Pengguna BATPay melalui rekening bank atau E-wallet.
    • Pengguna dapat melakukan transfer uang ke platform uang elektronik lainnya yang bekerjasama dengan BATPay. Biaya yang akan dikenakan kepada Pengguna disampaikan pada halaman konfirmasi transaksi. Besaran biaya layanan yang dibebankan ke Pengguna BATPay untuk Transfer ke Bank dan platform uang elektronik lainnya dapat dilihat di Pengenaan Biaya Layanan dan sudah termasuk PPN (11%).
    • Pengguna akan diarahkan untuk memilih metode pengiriman yang tersedia dan selanjutnya memasukkan informasi mengenai nomor handphone tujuan yang terdaftar sebagai Pengguna BATPay, nomor rekening Bank, dan nomor handphone Pengguna E-wallet tujuan; nominal yang akan dikirim serta catatan (bila ada).
    • Pengguna bertanggungjawab untuk memastikan bahwa seluruh informasi yang dimasukkan oleh Pengguna adalah benar dan akurat. Segala akibat hukum yang disebabkan oleh kesalahan Pengguna dalam memasukan informasi nomor handphone tujuan dan/atau nomor rekening bank tujuan dan/atau kesalahan input nominal dan/atau identitas penerima yang akan dikirimkan sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pengguna, dan BATPay tidak bertanggungjawab dalam bentuk apapun.
    • Nominal minimum untuk melakukan Transfer sebesar Rp10.000,- dan berlaku untuk seluruh metode Transfer yang ada di aplikasi BATPay.
    • Fitur Transfer hanya dapat diakses dan digunakan oleh Akun Premium sesuai denganSyarat dan Ketentuan ini.
  4. Tarik Saldo
    • Tarik adalah fitur penarikan saldo BATPay secara manual dengan mengirimkan melalui email untuk pengajuan tarik saldo.
    • Jumlah saldo penarikan ditentukan oleh Pengguna BATPay dengan mengikuti ketentuan jumlah minimum dan maksimum yang tertera pada BATPay.
    • Biaya yang berlaku dalam penarikan saldo akan dibebankan ke Pengguna BATPay dan akan dipotong dari saldo BATPay saat penarikan saldo sedang diproses.
    • Tarik Saldo Manual dapat diproses 1×24 jam pada Hari Kerja.
    • Fitur tarik saldo manual hanya dapat diakses dan digunakan oleh Akun Premium.
  5. Transaksi dengan QRIS
    • Transaksi dengan QRIS adalah fitur yang dapat digunakan oleh Pengguna untuk melakukan transaksi pembayaran dengan memindai QR Code yang disediakan oleh Merchant menggunakan aplikasi BATPay.
    • Pengguna dapat melakukan Transaksi QRIS Statis maupun Dinamis sesuai dengan QR Code yang disediakan oleh Merchant. Untuk transaksi QRIS Dinamis, Pengguna dapat mengisi nominal sesuai yang akan dibayarkan ke Merchant.
    • Dalam bertransaksi menggunakan QRIS pada aplikasi BATPay, Pengguna wajib :
      1.  Memastikan kebenaran nama Merchant dan nominal Transaksi QRIS. Pengguna bertanggungjawab sepenuhnya atas segala akibat yang timbul sehubungan dengan Transaksi QRIS yang dilakukan Pengguna, termasuk kerugian yang timbul karena kelalaian Pengguna dalam memastikan kebenaran nama Merchant dan nominal Transaksi QRIS.
      2. Setelah Pengguna memastikan informasi pada Poin 1 sudah sesuai, maka Pengguna dapat melanjutkan transaksi dengan memasukkan PIN yang sesuai untuk memverifikasi keamanan.
      3.  Pastikan saldo BATPay mencukupi untuk melakukan pembayaran dengan QRIS.
    • Setelah menggunakan QR Code Pembayaran, Pengguna akan memperoleh bukti transaksi baik keterangan transaksi berhasil, transaksi gagal, atau transaksi tertunda yang dapat dilihat di riwayat transaksi pada aplikasi BATPay.
    • Jumlah maksimal transaksi QRIS melalui aplikasi BATPay adalah setara sebesar Rp10.000.000 (sepuluh juta rupiah) untuk tiap Transaksi QRIS yang dilakukan Pengguna.
    • Pengembalian dana Transaksi QRIS dapat dilakukan apabila:
      1. Saldo BATPay terdebet namun Transaksi QRIS gagal di Merchant;
      2. Kendala sistem yang mengakibatkan saldo terdebet lebih dari satu kali.
    • Proses permintaan pengembalian dana dapat dilakukan oleh Pengguna selambat-lambatnya 7 (tujuh) hari kalender sejak dilakukan Transaksi QRIS.
  6.  Pembelian Produk Digital (PPOB)
    • Pengguna dapat melakukan pembelian produk digital pada aplikasi BATPay, seperti:
      1. Pembayaran Tagihan Listrik (Pascabayar) dan Pembelian Token Listrik (Prabayar);
      2. Pembelian Pulsa dan Paket Data.
    • Biaya yang berlaku atas pembelian produk digital akan dibebankan kepada Pengguna. Biaya yang dikenakan sudah termasuk dengan PPN (11%).
    • Pengguna bertanggungjawab untuk memastikan bahwa seluruh informasi yang dimasukkan oleh Pengguna adalah benar dan akurat. Segala akibat hukum yang disebabkan oleh kesalahan Pengguna dalam memasukan informasi nomor identitas (disesuaikan dengan produk yang dipilih) dan/atau kesalahan memilih nominal sepenuhnya menjadi tanggungjawab Pengguna, dan BATPay tidak bertanggungjawab dalam bentuk apapun.
    • Fitur Pembelian Produk Digital (PPOB) hanya dapat digunakan oleh Pengguna dengan Akun Premium.
    • Pastikan Saldo BATPay mencukupi untuk pembelian produk digital yang sudah mencakup biaya layanan.
CASH IN DAN TRANSAKSI
  1.  Transaksi Isi Saldo (Top Up)
    • Transaksi Top Up adalah transaksi pengisian uang elektronik menjadi saldo BATPay. Pengguna BATPay dapat memilih bank untuk transaksi top up BATPay dengan Virtual Account. Panduan untuk bertransaksi top up dengan metode Virtual Account dapat diakses di dalam halaman Virtual Account pada aplikasi BATPay.
    • Dalam hal Transaksi top up dinyatakan “Berhasil”, maka saldo Pengguna di rekening Bank yang bersangkutan otomatis akan berkurang sedangkan Saldo BATPay akan bertambah untuk jumlah yang sesuai ketentuan: Untuk Top Up menggunakan Virtual Account (BRI, Permata, Danamon, Mandiri, BNI, CIMB, BSI, dan BCA), biaya admin akan mengurangi saldo BATPay.
    • Apabila Saldo BATPay belum bertambah maka Pengguna dapat menghubungi tim support BATPay melalui email [email protected] .
    • Pengguna yang sudah menambahkan saldo dapat melakukan transaksi sesuai dengan batas saldo atau sesuai ketentuan dari Bank Indonesia.
    • Setiap saldo yang sudah ditambahkan akan tersimpan secara elektronik di dalam sistem BATPay beserta transaksinya, sehingga jika terjadi perbedaan informasi berkaitan dengan saldo dan transaksi, maka yang menjadi patokan adalah data yang terdapat pada sistem BATPay. Proses pengecekan jika terjadi hal demikian, akan dibantu oleh tim support BATPay.
  2. Untuk setiap pelaksanaan transaksi:
    • Pengguna wajib memastikan bahwa :
      1. Data yang diperlukan untuk transaksi telah diisi secara lengkap dan benar sebelum
        melakukan penginputan;
      2. Memastikan informasi yang ditampilkan oleh sistem sudah sesuai;
      3. Jika semua sudah sesuai, masukkan PIN untuk melanjutkan transaksi.
    • BATPay tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian dan akibat yang timbul atas sebab kelalaian, kesalahan, dan/atau ketidakhati-hatian Pengguna dalam memasukkan data untuk diproses oleh aplikasi BATPay.
    • Pengguna aplikasi BATPay tidak dapat melakukan transaksi apabila saldo Pengguna tidak mencukupi untuk melakukan transaksi.
    • Semua transaksi melalui aplikasi BATPay adalah transaksi real time serta tidak dapat dibatalkan.
    • Semua transaksi sukses melalui aplikasi BATPay akan tercatat di menu history transaksi.
    • BATPay dapat menolak transaksi yang dilakukan oleh Pengguna jika Pengguna melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini dan/atau melanggar ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
PENGENAAN BIAYA LAYANAN

Biaya yang dikenakan pada aplikasi BATPay yaitu:

Tabel biaya layanan
GENERAL
  1. Koreksi
    • BATPay dapat sewaktu-waktu melakukan koreksi (mendebet atau mengkredit) saldo BATPay apabila menurut catatan BATPay terjadi kesalahan dalam transaksi yang terbatas pada permintaan Pengguna dalam rangka top up, transfer (sesama BATPay, dompet elektronik, bank), pembayaran QRIS, pembelian produk digital, refund, dan/atau tarik tunai.
    • Terhadap permintaan koreksi oleh pihak ketiga, BATPay akan melakukan peninjauan dan memutuskan berdasarkan penilaian dan kebijakan BATPay.
    • BATPay tidak akan melakukan koreksi terhadap saldo BATPay tanpa adanya bukti atau informasi yang dianggap cukup bagi BATPay untuk membuktikan adanya kesalahan dalam transaksi.
    • Sehubungan dengan kepentingan koreksi sebagaimana disebutkan di atas, pengguna dengan ini memberikan kuasa yang tidak dapat ditarik kembali kepada BATPay untuk mendebet dan/atau mengkredit saldo BATPay Pengguna. Kuasa sebagaimana dimaksud akan terus berlaku dan tidak dapat berakhir atas alasan apapun juga termasuk karena alasan-alasan sebagaimana diatur dalam Pasal 1813, 1814, dan 1816 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata mengenai penarikan kuasa dari si pemberi kuasa yaitu dalam hal ini adalah Pengguna. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan mempertanggung jawabkan seluruh kebenaran data transaksi yang terjadi pada aplikasi uang elektronik BATPay.
  2. OTP (One Time Password)
    • OTP merupakan kode yang digunakan untuk melakukan verifikasi nomor handphone dan email calon Pengguna BATPay.
    • Kode OTP untuk verifikasi nomor handphone dikirimkan melalui SMS dengan nama pengirim BATPay. Kode OTP yang dikirimkan berupa 8 (delapan) digit angka.
    • Kode OTP untuk verifikasi email dikirimkan melalui email yang didaftarkan dengan nama pengirim email yaitu [email protected]. Kode OTP yang dikirimkan berupa 8 (delapan) digit kombinasi angka dan huruf.
    • Kode OTP berlaku 5 (lima) menit sejak dikirimkan ke Pengguna. Pengguna dapat melakukan permintaan kirim ulang OTP setelah lebih dari 5 (lima) menit.
  3. Password dan PIN BATPay
    • Password dan/atau PIN merupakan kode yang bersifat rahasia pribadi dan merupakan
      kewenangan pengguna.
    • Pengguna dapat mengubah Password dan PIN di aplikasi BATPay.
    • Jika Pengguna lupa dengan Password atau PIN, maka Pengguna dapat melakukan reset
      pada aplikasi BATPay.
    • Pengguna wajib mengamankan password atau PIN dengan cara tidak memberitahukan
      password dan/atau PIN BATPay kepada orang lain termasuk pihak internal BATPay dan
      berhati-hati agar password dan/atau PIN tidak terlihat orang lain.
    • Salah memasukan Password sebanyak 3 (tiga) kali akan menyebabkan akun Pengguna menjadi terblokir selama 5 menit, setelah itu Pengguna dapat memasukan Password kembali.
    • Salah memasukan PIN sebanyak 3 (tiga) kali akan menyebabkan akun Pengguna menjadi terblokir dan Pengguna harus melakukan reset PIN.
    • Pengguna disarankan untuk melakukan perubahan password dan/atau PIN secara berkala dalam rangka untuk menjaga keamanan akun pengguna.
  4. Pertanyaan Keamanan (Security Question)
    • Pertanyaan Keamanan (Security Question) merupakan salah satu bentuk pengamanan pada akun BATPay, dimana sistem menyimpan dan mengenkripsi jawaban dari pertanyaan yang dipilih Pengguna. Sehingga hanya Pengguna tersebut yang dapat mengetahui pertanyaan dan jawaban atas metode pengamanan tersebut.
    • Pada saat registrasi akun BATPay, Pengguna wajib memilih dan mengisi 2 (dua) daftar Pertanyaan Keamanan yang digunakan sebagai tambahan keamanan akun. Pengguna harus dapat mengingat jawaban dari Pertanyaan Keamanan yang dipilih, dimana jawaban dari Pertanyaan Keamanan tersebut akan digunakan untuk mengubah PIN dan proses penutupan akun BATPay.
    • Kesalahan dalam memasukkan jawaban pertanyaan keamanan sebanyak 3 (tiga) kali akan menyebabkan pertanyaan keamanan terblokir dan Pengguna diarahkan untuk mengajukan hapus pertanyaan keamanan yang lama dengan cara mengirimkan email ke [email protected] .
  5. Sebagai Pengguna, Pengguna bertanggung jawab untuk selalu menjaga kerahasiaan akun Pengguna. Tidak terbatas pada : kerahasiaan Password, PIN, kode OTP dan/atau Pertanyaan Keamanan yang Pengguna gunakan untuk login dan mengakses akun Pengguna dan layanan-layanan BATPay. Oleh karena itu, BATPay tidak bertanggung jawab dalam bentuk apapun apabila Pengguna mengalami kerugian yang disebabkan oleh kelalaian Pengguna dalam menjaga kerahasiaan akun Pengguna, dan dengan ini Pengguna membebaskan BATPay dari setiap tuntutan, gugatan, ganti rugi, dan/atau klaim yang Pengguna ajukan sehubungan dengan penggunaan dan/atau akses yang tidak sah terhadap Akun Pengguna (kelalaian pengguna).
  6. BATPay tidak pernah meminta Password dan/atau PIN, kode OTP maupun Pertanyaan dan Jawaban dari Pertanyaan Keamanan kepada Pengguna. Oleh karena itu, Pengguna harus selalu berhati-hati dan tidak merespon segala bentuk panggilan maupun tautan yang dikirim melalui email ataupun website (situs palsu menduplikasi situs resmi BATPay) yang ditujukan untuk percobaan penipuan yang mengatasnamakan BATPay yang meminta Pengguna untuk memberikan Password dan/atau PIN, kode OTP maupun Pertanyaan dan Jawaban dari Pertanyaan Keamanan/
  7. Jangka Waktu
    Akun BATPay Pengguna akan aktif selama akun tersebut tidak ditutup secara permanen, baik oleh Pengguna maupun oleh BATPay.
  8. Pemblokiran dan Penutupan Akses Layanan BATPay
    • Akses layanan BATPay dapat diblokir dan ditutup oleh BATPay apabila:
      1. Pengguna mengajukan permintaan secara resmi kepada BATPay bahwa telepon seluler telah hilang atau telah dicuri atau diretas. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.
      2. Pengguna dapat mengajukan permintaan secara resmi melalui aplikasi BATPay sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna terkait penutupan akun dan layanan BATPay.
      3. Adanya permintaan dari otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
      4. Apabila Pengguna memberikan data/informasi/dokumen dan keterangan yang tidak benar atau lazim pada saat melakukan pendaftaran misalnya mendaftarkan dengan nama yang tidak lazim atau selama menggunakan BATPay.
      5. Sumber dana diketahui berasal dari transaksi yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      6. Adanya indikasi penyalahgunaan atas penggunaan aplikasi BATPay untuk kegiatan yang melanggar hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
      7. Pengguna terindikasi melakukan transaksi apapun secara tidak lazim/normal baik dari segi kuantiti, waktu, dan jumlah, berdasarkan ketentuan BATPay.
    • Aktivasi kembali karena pemblokiran akses layanan poin a, maka pengguna harus mengajukan permintaan kembali secara resmi kepada BATPay. Pengguna wajib menyertakan informasi/dokumen tambahan sehubungan dengan keperluan permintaan Pengguna.
    • BATPay memiliki wewenang penuh untuk memblokir secara sementara atau penutupan secara permanen akses pengguna terhadap layanan BATPay dan/atau melaporkan ke otoritas negara atau otoritas penegak hukum yang berwenang.
    • Pengguna dengan ini menyatakan bahwa bertanggungjawab sepenuhnya dan membebaskan BATPay dari segala tuntutan apapun dari pihak manapun sehubungan dengan proses pemblokiran ini.
PRIVASI
  1. Kami memastikan bahwa data pengguna yang dikumpulkan dan/atau terkumpul oleh kami akan disimpan dengan aman. Kami akan menyimpan data pengguna selama diperlukan untuk memenuhi tujuan yang dijelaskan dalam Kebijakan Privasi. Adapun kebijakan privasi yang dimaksud adalah sebagai berikut:
    • Mengidentifikasi penggunaan atas aplikasi BATPay dan layanan-layanan kami.
    • Mencegah, mendeteksi, dan mengatasi terjadinya tindakan kejahatan yang mungkin terjadi dalam penggunaan aplikasi BATPay namun tidak terbatas pada penipuan (fraud), penggelapan, pencurian, pencucian uang (money laundering).
    • Menanggapi, mengolah, berurusan dengan atau menyelesaikan transaksi, keluhan, dan/atau memenuhi permintaan Pengguna untuk produk dan layanan tertentu serta memberi tahu Pengguna tentang masalah layanan dan tindakan akun yang tidak lazim.
    • Untuk identifikasi, verifikasi, uji tuntas pada saat Pengguna melakukan upgrade akun.
    • Mengembangkan, menambah dan menyediakan produk untuk memenuhi kebutuhan Pengguna.
    • Tujuan administratif internal, seperti; audit, analisis data, dan rekaman-rekaman dalam database.
    • Berkomunikasi dengan pengguna sehubungan dengan segala hal mengenai aplikasi BATPay, layanan-layanan kami, dan/atau fitur-fitur daripadanya.
    • Menjaga keselamatan, keamanan, dan keberlangsungan aplikasi BATPay, layanan-layanan kami, dan/atau fitur-fitur.
  2. Dalam menjalankan bisnis kami, kami akan/mungkin perlu untuk menggunakan, memproses, mengungkapkan, dan/atau mengalihkan data pribadi Pengguna kepada penyedia layanan pihak ketiga, agen dan/atau afiliasi atau perusahaan yang mendukung penyelenggaraan uang elektronik BATPay. Kami berusaha untuk memastikan bahwa pihak ketiga dan afiliasi kami untuk menjaga keamanan data pribadi Pengguna dari akses yang tidak sah, pengumpulan, penggunaan, pengungkapan, pemrosesan atau risiko serupa dan/atau menyimpan data pribadi Pengguna hanya selama data pribadi Pengguna dibutuhkan untuk tujuan terkait penyelenggaraan uang elektronik BATPay. Data Pribadi Pengguna yang dikumpulkan BATPay terbatas pada:
    • Nama Lengkap Sesuai KTP;
    • Nama Ibu Kandung;
    • Alamat email;
    • Nomor Handphone;
    • NIK e-KTP;
    • Tempat dan Tanggal Lahir;
    • Jenis Kelamin;
    • Alamat KTP;
    • Alamat Domisili;
    • Kewarganegaraan;
    • Pekerjaan;
    • Informasi Sumber Dana;Penghasilan Rata-Rata Perbulan;
    • Maksud dan Tujuan Transaksi Yang Akan Dilakukan Pengguna;
    • Informasi tentang jaringan Pengguna;
    • Informasi lain yang diperlukan untuk uji tuntas kami, verifikasi identitas, dan/atau tujuan pencegahan penipuan termasuk foto selfie dan foto e-KTP Pengguna.

      Pihak ketiga yang dimaksud dalam poin ini terbatas pada:

      1. Perusahaan yang memiliki hubungan afiliasi dengan PT Reka Multi Aptika dalam penyelenggaraan uang elektronik BATPay untuk menyediakan layanan kami dalam hal mencegah penipuan, pengumpulan tagihan, memasukkan data, manajemen database, promosi, pemasaran, riset, survey, pelayanan pelanggan, layanan teknologi, pemberitahuan produk dan layanan serta layanan perpanjangan pembayaran.
      2. Penasihat profesional, lembaga penegak hukum, pemerintah dan pihak berwenang atau instansi lainnya dimana BATPay berkewajiban untuk melakukan pengungkapan sesuai kebutuhan, permintaan yang sah, dan hukum yang berlaku, peraturan atau pengaturan komersial, termasuk pengaturan dengan asosiasi jaringan pembayaran ataupun asosiasi industri lain yang relevan.

        Kami hanya akan memberikan data pribadi kepada penyedia layanan kami yang diperlukan untuk mendukung penyelenggaraan uang elektronik BATPay. Kami akan mengambil semua langkah yang secara wajar diperlukan untuk memastikan bahwa data pribadi Pengguna diperlakukan dengan aman dan sesuai dengan Kebijakan Privasi serta Peraturan Yang Berlaku.
        Kami juga dapat meminta data pribadi lainnya milik Pengguna untuk kepentingan Enhanced Due Diligence (EDD) atas keperluan identifikasi adanya kecurigaan tindakan pencucian uang dan juga aksi pendanaan terorisme dengan cara mengirimkan email kepada Pengguna lewat email resmi kami [email protected]. Data lainnya yang dapat diminta terbatas pada, antara lain:

        1. Detail Pekerjaan:
          • Nama Perusahaan/Intansi Tempat Bekerja;
          • Sektor Ekonomi;
          • Jabatan;
          • Alamat Perusahaan;
          • Nomor Telepon atau Nomor Hp Tempat Bekerja;
          • Kartu Tanda Pengenal Karyawan
          • Slip Gaji
        2. Sosial Media (contoh: LinkedIn, dan lainnya).
  3. BATPay tidak akan menjual atau menyewakan data pribadi pengguna kepada pihak lain.
  4. Sehubungan dengan pengumpulan dan penggunaan data sebagaimana diuraikan dalam poin-poin di atas dengan ini Pengguna menyatakan telah memberikan persetujuan, izin, dan wewenang kepada BATPay untuk mengumpulkan dan menggunakan data untuk tujuan tujuan sebagaimana dimaksud dalam poin-poin di atas.
KEWAJIBAN PERNYATAAN DAN JAMINAN
  1. A. Pengguna hanya dapat mengakses atau menggunakan aplikasi, layanan, dan sistem yang sesuai dengan syarat dan ketentuan ini, untuk tujuan yang sah, dan tidak digunakan untuk tujuan atau tindakan penipuan, pelanggaran hukum, kriminal maupun tindakan, aktivitas, perbuatan atau tujuan lain yang melanggar atau bertentangan dengan hukum, peraturan perundang-undangan yang berlaku maupun hak atau kepentingan pihak manapun.
  2. Pengguna bertanggung jawab penuh untuk memeriksa dan memastikan bahwa aplikasi BATPay sudah ter-update dengan versi terbaru. BATPay tidak bertanggung jawab jika pengguna memiliki perangkat yang tidak kompatibel dengan sistem atau aplikasi atau jika pengguna telah mengunduh versi software yang tidak sesuai dengan perangkat pengguna.
  3. Pengguna dilarang untuk menggunakan layanan, aplikasi atau akun atau melakukan Transaksi: untuk segala aktivitas yang melanggar hukum negara.
  4. Pengguna dilarang untuk melakukan Transaksi yang dapat merusak atau mengganggu reputasi BATPay atau Penyedia Layanan.
  5. PT Reka Multi Aptika dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan atas penggunaan aplikasi BATPay oleh penggunanya terhadap pihak ketiga maupun sebaliknya.
  6. BATPay merupakan aplikasi uang elektronik dan berstatus sebagai instrumen pembayaran resmi, sehingga tidak berkaitan sama sekali dengan tindakan/aktivitas pengguna dengan pihak manapun.
  7. Apabila BATPay menemukan atau mencurigai terjadinya penyalahgunaan transaksi maka BATPay berhak untuk menangguhkan pembayaran atas dana transaksi yang terindikasi merupakan hasil dari penyalahgunaan transaksi.
FORCE MAJEURE
  1. Force Majeure adalah keadaan atau kondisi yang terjadi di luar kemampuan pihak yang mengalaminya untuk mencegahnya dan tidak dapat dihindarkan oleh pihak yang mengalaminya, sehingga menyebabkan pihak yang mengalaminya tidak dapat melaksanakan seluruh atau sebagian kegiatannya yang berpengaruh terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban dari pihak yang mengalaminya.
  2. BATPay akan dibebaskan dari segala tuntutan dan gugatan apapun dari pengguna, apabila BATPay tidak dapat melaksanakan perintah, baik sebagian maupun sepenuhnya yang disebabkan oleh kejadian atau sebab yang berada di luar kendali atau kemampuan BATPay, meliputi tetapi tidak terbatas pada bencana alam, peperangan, kerusuhan, kondisi perangkat keras, kegagalan sistem infrastruktur, gangguan daya, gangguan telekomunikasi, virus komputer yang membahayakan layanan BATPay, kebijakan pemerintah, kegagalan sistem perbankan atau hal lainnya yang ditetapkan oleh Bank Indonesia atau lembaga berwenang lainnya.
  3. Pengguna dengan ini sepakat bahwa kegagalan atau keterlambatan Kami dalam melaksanakan kewajiban-kewajiban dan/atau tanggung jawab Kami yang disebabkan oleh terjadinya Force Majeure tidak dapat dianggap sebagai suatu kejadian kelalaian atau wanprestasi.
  4. Pengguna dengan ini sepakat untuk tidak akan mengajukan gugatan, tuntutan, klaim dan/atau meminta ganti kerugian atas keterlambatan atau kegagalan Kami dalam melaksanakan dan memenuhi kewajiban-kewajiban Kami yang disebabkan oleh Force Majeure.
HUKUM YANG BERLAKU DAN PENYELESAIAN PERSELISIHAN
  1. Seluruh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini diatur dan ditafsirkan berdasarkan hukum yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  2. Segala perselisihan yang timbul sehubungan dengan atau terkait dengan hal-hal yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan (maupun bagian daripadanya) termasuk perselisihan yang disebabkan karena adanya atau dilakukannya perbuatan melawan hukum atau pelanggaran atas satu atau lebih Syarat dan Ketentuan ini (“Perselisihan”) wajib diselesaikan dengan cara sebagai berikut:
    1. Salah satu pihak baik Pengguna dan/atau Kami (“Pihak Pertama”) wajib menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada pihak lainnya (“Pihak Kedua”) atas telah terjadinya Perselisihan (“Pemberitahuan Perselisihan”) maksimal 30 hari kalender setelah munculnya sebab-sebab tersebut. Perselisihan wajib diselesaikan terlebih dahulu secara musyawarah mufakat dalam waktu paling lambat 90 (sembilan puluh) hari kalender sejak tanggal Pemberitahuan Perselisihan Perselisihan (“Periode Penyelesaian Musyawarah”);
    2. Kami akan mengganti kerugian finansial kepada Pengguna sepanjang kerugian tersebut tidak disebabkan oleh kesalahan atau kelalaian Pengguna BATPay;
    3. Pengguna dan/atau Kami, dan/atau secara sendiri-sendiri, berhak untuk mengajukan penyelesaian sengketa ke Pengadilan Negeri atau instansi pemerintah yang berwenang. Dalam hal penyelesaian perselisihan melalui Pengadilan jika ada biaya timbul akan dibayarkan terlebih dahulu oleh pihak yang melaporkan, kemudian akan diganti oleh pihak yang terbukti secara sah bersalah di muka hukum sampai dengan adanya putusan yang final dan mengikat.
LAYANAN PENGGUNA DAN CUSTOMER SUPPORT
  1. BATPay menyediakan layanan Customer Support (CS) untuk melayani pengguna yang membutuhkan informasi atau pertanyaan berkaitan dengan aplikasi BATPay.
  2. Pengguna hanya menghubungi Customer Support (CS) resmi kami seperti yang tertera dalam Syarat dan Ketentuan ini, dan tidak merespon kepada customer support di luar yang disebutkan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  3. Customer Support (CS) BATPay dapat dihubungi melalui Email: [email protected]
LAIN-LAIN
  1. BATPay berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan yang berlaku ini setiap saat.
  2. BATPay, termasuk didalamnya nama dan logo, desain, teknologi dan bisnisnya, seluruhnya dilindungi oleh hak cipta, merek, paten dan hak atas kekayaan intelektual lainnya serta patuh pada hukum dan peraturan perundang-undangan yang berlaku di Republik Indonesia. Kami (dan pihak yang memperoleh lisensi kami, jika berlaku) memiliki seluruh hak dan kepentingan BATPay, termasuk hak-hak yang berhubungan dengannya. Syarat dan Ketentuan ini tidak akan mengakibatkan beralihnya atau dianggap memberikan hak bagi pengguna untuk menggunakan hak atas kekayaan intelektual BATPay dalam arti yang seluas-luasnya terhadap hak-hak atas kekayaan intelektual sebagaimana disebutkan di atas.
  3. Dengan menggunakan BATPay, Pengguna dianggap telah mengerti atas segala risiko seperti pencurian saldo, pengambilalihan akun dan penipuan. Oleh karena itu, kembali kami ingatkan untuk selalu berhati-hati dalam menjaga akun Pengguna dari segala tindak kejahatan.
  4. Pengguna menyatakan bahwa BATPay telah memberikan penjelasan yang cukup mengenai karakteristik layanan yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna BATPay dan pengguna telah mengerti serta memahami segala konsekuensi dari penggunaan layanan BATPay termasuk didalamnya manfaat, risiko, dan biaya-biaya sebagaimana yang telah dijelaskan sebelumnya.
  5. Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan hukum dan perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
  6. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan BATPay, maka pengguna menyatakan bahwa pengguna tunduk dan terikat pada ketentuan dan peraturan yang berlaku di BATPay termasuk setiap perubahan terhadap syarat dan ketentuan, fitur-fitur, dan layanan yang didasari atas kebijakan BATPay sendiri.
PERUBAHAN
  1. Kami dapat meninjau dan mengubah Syarat dan Ketentuan ini atas pertimbangan Kami untuk memastikan bahwa ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini konsisten dengan perkembangan Kami di masa depan, dan/atau jika terdapat perubahan peraturan perundang undangan yang berlaku dan/atau perintah dari otoritas atau instansi yang berwenang atau peraturan perundang-undangan yang berlaku yang memerintahkan atau mewajibkan Kami untuk mengubah ketentuan-ketentuan dalam Syarat dan Ketentuan ini.
  2. Kami akan menginformasikan Pengguna mengenai perubahan sebagaimana dimaksud dalam Angka 1 di atas melalui Aplikasi BATPay, Media Komunikasi, atau Media Publikasi paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja sebelum perubahan tersebut berlaku secara efektif, dan
    perubahan dimaksud akan dilaksanakan sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang diberlakukan oleh Bank Indonesia khususnya mengenai perlindungan konsumen sebagaimana relevan.
  3. Pengguna bertanggung jawab sendiri untuk selalu dan secara rutin memeriksa, membaca, dan mempelajari informasi-informasi yang Kami sampaikan kepada Pengguna, baik melalui Aplikasi BATPay, Media Komunikasi, atau Media Publikasi.
Scroll to Top