5 menit dibaca

Cara Membuat QRIS bagi Merchant/Pebisnis

cara membuat qris
Cara Membuat QRIS bagi Merchant/Pebisnis di BATPay Dalam era digital saat ini, QRIS menjadi solusi transaksi yang efisien bagi merchant dan pebisnis. Artikel ini memberikan panduan praktis tentang bagaimana cara membuat QRIS di BATPay.

Membuat QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) telah menjadi langkah strategis bagi pelaku bisnis yang ingin meningkatkan kemudahan dan efisiensi dalam menerima pembayaran.

Proses membuat QRIS tidak hanya mempermudah transaksi non-tunai, tetapi juga memberikan akses yang lebih luas kepada pelanggan. Oleh karena itu, tentunya pemilik usaha atau merchant perlu mengetahui cara membuat QRIS. Yuk, simak penjelasan tentang cara bikin QRIS berikut ini!

Apa itu QRIS

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) adalah standar kode QR yang dikembangkan di Indonesia. QRIS merupakan penyatuan berbagai macam QR code dari berbagai Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP). Standar ini diciptakan oleh Bank Indonesia (BI) dan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia.

Fungsi utama dari QRIS adalah memudahkan proses transaksi dengan menggunakan QR code. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kecepatan transaksi dan menjaga keamanannya. Setiap PJSP yang ingin menggunakan QR code diwajibkan menerapkan standar QRIS sebagai upaya standardisasi dalam penggunaan teknologi QR code di Indonesia.

Tujuan utama dari QRIS adalah untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran non-tunai di wilayah Indonesia. Dengan adanya QRIS, diharapkan dapat tercipta keterhubungan antarlayanan pembayaran digital, memberikan kemudahan, kecepatan, dan keamanan dalam melakukan transaksi non-tunai di berbagai sektor ekonomi.

Baca juga: Cara Cek Saldo E Toll di HP NFC dan Tanpa NFC Lengkap

Keuntungan Memakai QRIS Bagi Merchant

Menggunakan QRIS bagi pedagang (merchant) memberikan sejumlah keuntungan. QRIS mendukung berbagai metode pembayaran non-tunai, memberikan fleksibilitas dalam menerima pembayaran. Proses transaksi menjadi lebih efisien dan cepat, tanpa kebutuhan perangkat keras tambahan.

Standardisasi transaksi membuatnya lebih mudah bagi pelanggan dan pedagang. Integrasi dengan sistem penjualan memungkinkan pencatatan otomatis, membantu manajemen inventori dan analisis bisnis.

Selain itu, keamanan transaksi dijamin melalui penggunaan QR code yang unik dan terenkripsi. Pembaruan teknologi menjadi lebih mudah tanpa perlu peralatan baru secara konstan. Kemudahan pembayaran dapat meningkatkan kenyamanan pelanggan dan peluang penjualan. Data transaksi yang terstruktur memungkinkan analisis bisnis yang lebih baik.

Dengan berbagai keuntungan ini, QRIS dapat memberikan nilai tambah bagi pedagang dalam mengelola transaksi dan meningkatkan efisiensi bisnis mereka.

Baca juga: 10 Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Dari Nol

Bagaimana cara pembayaran melalui QRIS?

Ketika hendak melakukan pembayaran melalui QRIS, langkah-langkah awal dapat diambil oleh pelanggan melibatkan membuka aplikasi pembayaran digital terkait, baik itu yang disediakan oleh bank atau penyelenggara jasa pembayaran tertentu yang telah digunakan sebelumnya. 

Dengan membuka aplikasi ini, pelanggan dapat mengeksplor menu pembayaran atau opsi pemindaian QR code yang disediakan di dalamnya, menciptakan pengalaman  terintegrasi dan nyaman.

Untuk melakukan pembayaran melalui QRIS, pelanggan dapat dengan mudah mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Aplikasi Pembayaran Digital

Pembayaran melalui QRIS dapat dimulai dengan membuka aplikasi pembayaran digital yang dimiliki oleh bank atau penyelenggara jasa pembayaran yang digunakan oleh pelanggan.

  1. Pilih Menu Pembayaran atau Scan QR

Setelah membuka aplikasi, pelanggan perlu memilih menu pembayaran atau opsi untuk melakukan pemindaian (scan) QR code.

  1. Arahkan Kamera ke QR Code

Pelanggan kemudian diinstruksikan untuk mengarahkan kamera ponsel mereka ke QR code yang disediakan oleh pedagang atau tempat usaha penerima pembayaran tersebut.

  1. Verifikasi Detail Pembayaran

Aplikasi akan secara otomatis mengenali dan menampilkan detail transaksi, seperti jumlah pembayaran dan informasi lainnya. Pelanggan perlu memverifikasi informasi tersebut sebelum melanjutkan.

  1. Konfirmasi Pembayaran

Setelah verifikasi, pelanggan dapat menekan tombol konfirmasi untuk menyelesaikan transaksi. Beberapa aplikasi juga meminta pengguna memasukkan PIN atau melakukan verifikasi tambahan untuk keamanan.

  1. Terima Bukti Pembayaran

Setelah pembayaran selesai, pelanggan akan menerima bukti pembayaran digital atau notifikasi melalui aplikasi. Pedagang juga akan mendapatkan konfirmasi transaksi tersebut.

Selanjutnya, bagi kamu yang ingin mengetahui cara mendapatkan QRIS, simak penjelasan berikutnya di bawah ini, ya!

Baca juga: Cara Cek Tagihan BPJS Kesehatan dengan Praktis dan Cepat Secara Online!

Syarat dan Ketentuan untuk Membuat QRIS

Jika hendak membuat QRIS untuk keperluan perorangan, kamu hanya membutuhkan foto atau scan KTP serta nomor Kartu Keluarga (KK) sesuai KTP. Akan tetapi, bagi badan usaha, terdapat beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, yaitu:

  1. Scan KTP pemilik usaha.
  2. Nomor KK sesuai dengan KTP pemilik usaha yang didaftarkan.
  3. Foto akta perusahaan sesuai dengan nama badan usaha.
  4. Foto NPWP Perusahaan yang sesuai dengan badan usaha.
  5. Foto Surat Kuasa Asli, jika merupakan wakil yang ditunjuk oleh badan usaha tersebut.

Selain itu, bagi pemilik merchant yang membutuhkan QRIS untuk usaha, berikut adalah cara buat QRIS yang perlu kamu ketahui sebagai pemilik usaha:

  1. Pilihlah Penyedia Jasa Pembayaran (PJP) QRIS yang telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia. Pemilihan PJP ini menjadi langkah krusial dalam proses pendaftaran dan penggunaan QRIS. Informasi terkait PJP yang telah berizin dapat diakses melalui situs web Bank Indonesia dengan memilih kategori “QRIS”.
  2. Silakan kunjungi kantor PJP yang telah mendapatkan izin resmi dari Bank Indonesia sebagai penyelenggara QRIS. Alternatifnya, jika tersedia, juga dapat melakukan pendaftaran secara daring melalui portal resmi PJP tersebut.
  3. Tunggulah proses verifikasi dokumen dan pembuatan Merchant ID setelah melakukan pendaftaran. Begitu dokumen kamu diverifikasi, PJP akan menyediakan Merchant ID khusus dan menghasilkan kode QRIS yang dapat digunakan untuk usaha Anda.
  4. QRIS Merchant yang telah disiapkan dapat segera digunakan setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas. Kamu dapat menampilkan QRIS ini di area pembayaran atau dekat kasir toko Anda.

Daftar QRIS dengan BATPay Gratis!

Setelah mengetahui cara membuat QRIS merchant, kamu tentunya membutuhkan layanan atau dompet digital yang bisa memfasilitasi pembuatan QRIS. Nah, kamu dapat memanfaatkan kemudahan dalam mengelola bisnis melalui BATPay, dompet digital yang menghadirkan fitur QRIS secara praktis.

Dengan BATPay, kamu dapat membuat QRIS tanpa biaya dan dengan langkah-langkah yang sangat mudah sehingga akan membuka peluang baru untuk menerima pembayaran digital dengan lebih luas.

Saatnya memperluas jangkauan bisnis melalui QRIS yang dapat dibuat tanpa biaya tambahan serta memberikan keuntungan nyata bagi kemajuan bisnis. Yap, BATPay tidak hanya tentang pembayaran yang praktis, tetapi juga memberikan pengalaman transaksi secara nyaman.

Mizzart Al Fatih
Mizzart Al Fatih
Content writer aneka topik: finansial, kesehatan, dan video game.

Artikel Terkait

cara cek salod e toll
cara-cek-tagihan-BPJS
Scroll to Top
Share to...