12 menit dibaca

Panduan Cara Jualan di Instagram Terlengkap di Tahun 2024

cara jualan di instagram
Menjelang tahun 2024, ketahui rahasia sukses 'Cara Jualan di Instagram' untuk menghadapi tantangan dan peluang di dunia e-commerce maupun bisnis kecilmu yang terus berkembang.

Media sosial telah berevolusi menjadi lebih dari sekedar platform hiburan. Dalam era digital yang terus berkembang, menjual produk atau layanan melalui platform media sosial menjadi strategi yang semakin populer dan efektif. Salah satunya adalah dengan cara jualan di Instagram.

Dilansir katadata media sosial dominan dalam proses transaksi e-commerce di Indonesia, dan berdasarkan survei Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA) Facebook dan Instagram mencapai persentase 66% untuk transaksi online via media sosial, dengan Facebook memiliki pangsa pasar hingga 43%. Hanya 16% yang menggunakan platform marketplace, dan 7% lebih memilih menggunakan website mereka sendiri. 

Survei Asosiasi E-Commerce Indonesia juga menunjukkan preferensi ini, terutama di kalangan pengusaha mikro, menegaskan bahwa media sosial menjadi pilihan utama untuk bertransaksi e-commerce dibandingkan platform lainnya, berdasarkan survei terhadap 2.000 UMKM di 10 kota Indonesia pada 2017.

Hal diatas membuktikan bahwa efek yang cukup besar dan menguntungkan diterima dengan kehadiran media sosial sebagai media bisnis baru. Instagram pun menjadi salah satu platform yang dipilih masyarakat karena memiliki fitur Instagram Shopping yang sangat memudahkan penggunanya baik itu penjual maupun pembeli.

Oleh karena itu, dengan mempelajari cara jualan di Instagram berikut ini dapat membantu kamu untuk lebih mengerti apa saja yang perlu disiapkan dan dilakukan.

Baca juga: 20 Ide Bisnis Rumahan Paling Cuan di Tahun 2024

Persiapan Untuk Jualan Di Instagram

Sebelum membahas langsung cara jualan di Instagram, sebaiknya kamu mempersiapkan hal-hal yang diperlukan untuk mulai jualan online, seperti:

Buat Rencana Bisnis Kamu

Hal pertama yang kamu perlukan adalah perencanaan bisnis, identifikasi niche bisnis kamu seperti apa dan pilih niche yang sesuai dengan minat target pasar kamu. 

Setiap strategi bisnis yang efektif dimulai dengan menyusun hingga mempersempit target pasar terlebih dahulu dan mengidentifikasi dengan tepat audiens untuk produk dan jasa kamu. Pemilihan audiens yang sesuai seringkali disebut sebagai menemukan niche atau target konsumen. 

Niche atau ceruk merujuk pada kelompok orang yang memiliki kebutuhan atau keinginan untuk membeli produk dan jasa yang kita tawarkan.

Memahami ceruk pasar atau niche kamu di Instagram akan menempatkan kamu di benak target konsumen. Kamu juga akan menemukan keinginan dan apa saja kebutuhan mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk menemukan target pasar yang tepat untuk bisnis kamu:

  • Pahami kebutuhan, minat, dan perilaku dari target konsumen
  • Identifikasi masalah dan kebutuhan yang dihadapi oleh konsumen
  • Berikan solusi melalui produk atau jasa kamu untuk mengatasi masalah mereka
  • Lakukan analisis kompetitor di sektor bisnis yang serupa dan di niche yang sama
  • Jelajahi forum, komentar, atau postingan di akun Instagram kamu atau pesaing untuk mendapatkan wawasan lebih lanjut mengenai masalah yang dihadapi pelanggan atau kebutuhan utama mereka
  • Semakin spesifik niche nya maka semakin besar potensi kamu di mata konsumen

Setelah mengetahui apa niche bisnis kamu, cari kompetitor dengan mencari hashtag yang relevan. Kamu juga bisa memeriksa halaman Explore untuk melihat akun, dan foto seperti apa yang sedang tren.

Ikut dalam tren tersebut atau ride on trend untuk memperluas audiens yang belum terjangkau oleh bisnis kamu.

Baca juga: 40 Ide Bisnis Rumahan Modal Kecil di Tahun 2024!

Membuat Akun Bisnis di Instagram

Sekarang setelah mengidentifikasi ceruk pasar atau niche akun mu dan mendapat jumlah followers yang lumayan, sekarang saatnya untuk mengubah akun Instagram mu menjadi akun bisnis.

Akun bisnis membantu kamu untuk meningkatkan brand awareness dan memudahkan kamu untuk mengelola akun bisnis karena hadirnya serangkaian fitur, seperti insights, postingan kerjasama atau bersponsor, iklan dan link yang dapat dimasukkan ke dalam Insta Story

Akun Instagram Business sangat bermanfaat bagi setiap individu yang terlibat dalam proses penjualan dan transaksi produk atau layanan hingga memfasilitasi perluasan jejak online shop kamu.

Bagaimana cara mengubah ke akun bisnis di Instagram? Mudah sekali, kamu cukup buka Pengaturan, lalu Akun, dan pilih Ganti jenis akun. 

Baca juga: 10 Panduan Lengkap Cara Memulai Usaha Dari Nol

Siapkan dan Optimalkan Profil Bisnis Instagram Kamu

Setelah membuat akun bisnis, kini kamu siap untuk memulai bisnis online kamu di Instagram. Persiapan selanjutnya yaitu memperbarui dan mengoptimalkan profil bisnis, karena penting bagi bisnis untuk memilih foto profil yang relevan, seperti logo, agar produk atau jasa yang ditawarkan mudah dikenali dan terlihat profesional. 

Akun bisnis tanpa foto profil akan mendapat kesan tidak profesional dan sulit mendapatkan kepercayaan konsumen. Selain itu, bio yang jelas sangat penting, menjelaskan produk yang ditawarkan dan menyoroti keunggulan dibandingkan pesaing. 

Hal-hal diatas penting untuk dilakukan agar pengelolaan akun lebih mudah dan memastikan calon konsumen yang baru pertama kali menemukan bisnis dapat dengan cepat memahami penawaran dan keunggulan unik yang bisnis kamu punya.

Instagram menawarkan opsi untuk menempatkan tautan langsung ke situs bisnis di profil, memungkinkan calon konsumen untuk mengaksesnya dengan mudah. 

Dalam konteks ini, akun Instagram berperan sebagai “pengantar” untuk bisnis kamu, memberikan gambaran singkat, dan jika tertarik, mereka dapat beralih langsung untuk bertransaksi dan mengeksplorasi seluruh produk lebih lanjut melalui tautan tersebut.

Jika ingin menyertakan lebih dari satu tautan, kamu menggunakan layanan seperti Linktree atau Milkshake. Di platform tersebut, kamu bisa menambahkan tautan yang mengarah ke berbagai situs, seperti website pribadi, platform e-commerce untuk pembelian, link pemesanan melalui WhatsApp, layanan pelanggan, dan lainnya. Menyertakan URL di bio juga dapat meningkatkan traffic atau engagement ke toko online atau website bisnis kamu.

Pahami Algoritma Instagram Bekerja

Agar cara jualan di instagram semakin maksimal, kamu perlu memahami algoritma Instagram bekerja, karena dengan begitu kamu bisa memperluas jangkauan audiens jika masuk ke dalam Explore Instagram. 

Sebagai tambahan, algoritma Instagram adalah salah satu sistem yang dikelola dengan baik dan tepat. Dengan menyajikan konten yang ditargetkan kepada pengguna berdasarkan minat, riwayat pencarian, dan data perilaku penggunanya.

Algoritma ini intuitif dan tahu persis apa yang harus ditampilkan kepada pengguna,  sehingga dapat memberi konten yang tepat, pada waktu yang tepat.

Lalu bagaimana memahami algoritma dengan tepat supaya salah satu postingan kita dapat masuk halaman Explore? Berikut beberapa jawaban yang telah dikumpulkan menjadi beberapa tips berguna yang dilansir oleh Hootsuite.

  • Kenali audiens atau calon konsumen dan jenis konten apa yang disukai
  • Buat dan bagikan konten menarik yang memiliki value (nilai)
  • Cobalah format yang berbeda seperti Reels atau Stories di berbagai jenis konten kamu
  • Bangun komunitas dengan followers aktif yang akan terlibat dengan setiap postingan agar membantu meningkatkannya dalam algoritma
  • Ketahui jam posting atau upload  konten yang tepat
  • Gunakan hashtag yang relevan dengan postingan dan tidak berlebihan dalam menggunakan
  • Posting konten yang sedang tren karena memiliki potensi untuk meningkatkan traffic atau engagement 
  • Pertimbangkan untuk menggunakan iklan
  • Bangun akun kamu dengan cara organik dan disarankan untuk tidak membeli followers atau bot likes dan comment.

Mulai Bangun Visibilitas Online Shop Kamu

Cara jualan di Instagram selanjutnya adalah memulai bangun visibilitas online shop atau akun bisnis kamu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu ikuti untuk dicoba.

Posting Konten Yang Berkualitas

Posting konten yang berkualitas sangat disarankan karena dengan begitu postingan tersebut akan menarik calon konsumen untuk mencari tahu lebih lanjut mengenai produk atau jasa yang kamu jual. 

Jangan lupa untuk menggunakan kualitas visual yang tinggi atau dalam arti lain kualitas konten harus diperhatikan. 

Gunakan Hashtag dengan Relevan

Menggunakan hashtags dapat membantu calon konsumen atau orang diluar followers akun kamu dapat menemukan konten atau postingan akun kamu. 

Perlu diingat, dalam menggunakan hashtag hanya cantumkan yang relevan dengan konten, dan jangan terlalu berlebihan.

Jadwalkan Postingan 

Menjaga konsistensi dalam posting konten adalah penting. Buat jadwal posting yang sesuai dengan audiens, misalnya, posting setiap hari atau beberapa kali seminggu. 

Gunakan manajemen penjadwalan yang sudah disediakan seperti melalui Meta Business Suite agar memudahkan kamu dalam pengelolaan akun. 

Interaksi dengan Audiens

Tanggapi komentar dan direct message (DM) dari followers kamu. Karena Interaksi tidak berhenti setelah kamu memposting konten saja dan penting untuk merespons cepat terhadap komentar dan pesan langsung dari audiens. Ini menciptakan hubungan yang lebih personal dan meningkatkan kepercayaan pelanggan potensial.

Mengadakan kegiatan seperti kuis berhadiah di Instagram dapat menjadi strategi yang efektif untuk meningkatkan interaksi. Ajak audiens untuk berpartisipasi dengan memberikan hadiah menarik. Hal tersebut tidak hanya meningkatkan keterlibatan, tetapi juga membantu meningkatkan visibilitas bisnismu.

Selalu ingat juga untuk mengecek DM Request dan selalu tanggapi komentar dan DM dengan cepat termasuk keluhan agar mendapatkan reputasi yang bagus.

Bekerja Sama Dengan Influencers

Bekerja sama atau kolaborasi dengan influencers atau brand yang relevan dapat membantu kamu untuk mendapatkan eksposur yang lebih besar dan jangkauan audiens yang lebih luas.

Influencers telah membangun kredibilitas di industri mereka melalui konten yang konsisten dan berkualitas. Dengan memilih untuk bermitra dengan mereka, kamu mengambil langkah untuk mengkonfirmasi kepercayaan tersebut kepada pelanggan potensial. Testimoni dari seorang influencer dapat memberikan dorongan signifikan terhadap kepercayaan konsumen terhadap produk atau layanan kamu.

Influencer memiliki tingkatan berdasarkan jumlah pengikutnya, mulai dari nano influencer, mikro, makro, hingga mega. Jika bisnismu masih kecil dan anggaran terbatas, bekerja sama dengan nano atau micro influencer bisa menjadi pilihan yang baik.

Pastikan untuk memilih influencer yang sesuai dengan merek atau brand yang kamu tawarkan. Jangan lupa mengevaluasi rekam jejak dan citranya, karena hal tersebut dapat berdampak pada bisnismu juga.

Manfaatkan Fitur IG Shopping

Instagram Shopping adalah fitur inovatif yang memungkinkan pengguna untuk menemukan dan membeli produk langsung di dalam aplikasi Instagram. Dengan fitur ini, pengguna dapat menjelajahi katalog produk dari berbagai merek favorit mereka dan bahkan melakukan pembelian tanpa harus meninggalkan aplikasi. 

Hal tersebut membuka peluang baru bagi kamu dan pebisnis lain untuk mencapai audiens yang lebih luas dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih mulus bagi pengguna.

Untuk mulai menikmati fitur Instagram Shopping, pastikan akun Instagram sudah akun bisnis. Kemudian, aktifkan opsi pembelian di pengaturan akun. Langkah yang sederhana namun penting ini diperlukan untuk memulai perjalanan berbelanja online Anda.

Setelah mengaktifkan fitur pembelian, langkah selanjutnya adalah mengunggah katalog produk/jasa yang kamu jual ke akun Instagram. Pastikan setiap produk dilengkapi dengan deskripsi yang menarik dan foto yang berkualitas tinggi untuk menarik perhatian calon pembeli/konsumen.

Gunakan fitur Story dan Post Instagram secara kreatif untuk mempromosikan produk serta tambahkan label belanja pada gambar atau video untuk memberikan akses langsung ke produk yang ditawarkan. 

Dengan strategi promosi yang efektif juga dapat menjangkau audiens yang lebih besar.

Terapkan Sistem Pembayaran Yang Mudah

Transaksi dapat dilakukan dengan mudah dan cepat bila sistem pembayarannya mudah dan cepat. Oleh karena itu, terapkan sistem pembayaran yang mudah seperti:

Sistem E-commerce

Jika kamu menjalankan bisnis e-commerce yang terhubung dengan Instagram, kamu dapat memanfaatkan sistem e-commerce yang menyediakan fitur otomatis untuk mengelola pesanan dan penagihan. 

Sistem ini biasanya akan menghasilkan faktur dan mengelola transaksi pembayaran secara otomatis.

Sistem Pembayaran Online

Kamu dapat menerima pembayaran melalui metode pembayaran online seperti rekening bank, VA, atau lebih mudah dan cepat lagi dengan dompet digital BATPay yang akan hadir dan pastikan untuk memberikan informasi pembayaran yang jelas kepada pelanggan.

Baca juga: Apa Itu OTP dan Mengapa Itu Penting Untuk Keamanan Data?

Pahami Analisis dan Peningkatan dalam Konten

Cara Melakukan Analisis Konten Instagram antara lain:

Berkualitas dan Konsisten

Ketika menciptakan konten, pastikan bahwa itu bukan hanya berkualitas tinggi tetapi juga konsisten dengan nilai dan estetika merek Anda. Foto dan caption harus mewakili identitas bisnis Anda. Konsistensi menciptakan pengalaman yang mengesankan bagi pengikut Anda.

Analisis Engagement

Perhatikan tayangan, like, komentar, dan berapa kali konten di akun kamu disimpan (bookmark). Ini akan memberi kamu wawasan tentang seberapa baik konten diterima oleh para audiens.

Gunakan Instagram Analitik

Gunakan statistik Instagram untuk memahami demografi followers, seperti usia, jenis kelamin, dan lokasi mereka. Ketahui kapan mereka paling aktif atau online.

Juga manfaatkan data analitik Instagram untuk melihat tren seiring waktu, seperti pertumbuhan pengikut, keseluruhan interaksi, dan pertumbuhan akunmu.

Baca juga: Apa Itu QRIS: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Ketentuan

Cara Meningkatkan Konten Instagram

Berikut beberapa cara untuk memastikan konten Instagram kamu agar tidak hanya menarik perhatian tetapi juga mengundang para audiens untuk berinteraksi.

Cerita yang Menarik Melalui Carousel Post

Kamu bisa mulai dengan membuat carousel post untuk menceritakan kisah di balik produk/jasa yang ditawarkan. Rangkai gambar dan teks dengan cerdas untuk menjelaskan manfaat dan keunggulan produk. 

Karena audiens cenderung lebih terlibat dengan unggahan yang memberikan informasi lengkap dibanding hanya konten yang berisi promosi saja.

Video Konten untuk Interaksi Lebih Tinggi

Selanjutnya kamu  bisa membuat video konten yang menarik dan informatif. Video memberikan kesempatan untuk berinteraksi secara langsung dengan audiens. 

Maka dari itu, buatlah video yang berisi informasi atau pertanyaan yang bisa dibahas dengan para audiens.

Konsistensi Branding

Pastikan konten yang dibuat mencerminkan identitas merek/brand mu, termasuk palet warna, gaya visual, dan tone voice. 

Hal diatas membantu dalam membangun identitas merek yang kuat dan memiliki dampak pada brand awareness bisnis online kamu.

Caption yang Menarik

Buat caption yang menarik dan relevan dengan postingan kamu. Berikan sedikit cerita atau latar belakang dari produk atau jasa yang ditawarkan, dan jangan lupa untuk ajak followers berinteraksi seperti menyuruh untuk berkomentar agar trafik konten kamu juga meningkat.

Gunakan Fitur Live IG

Jangan hanya memposting foto produk secara terus-menerus. Cobalah fitur Live dari Instagram untuk lebih dekat dan audiens juga bisa melihat produk yang kamu jual secara langsung.

A/B Testing 

Cobalah A/B testing dengan dua versi posting yang sedikit berbeda untuk melihat mana yang lebih efektif atau lebih ‘kena’ ke para audiens.

Analisis Rutin

Setelah melakukan A/B Testing, kamu bisa mulai analisis konten secara rutin dan perbaiki strategi berdasarkan hasil tersebut. 

Instagram menyediakan alat analisis yang kuat. Manfaatkan data tersebut untuk memahami kinerja kontenmu. Identifikasi konten mana saja yang efisien dan terbaik, di waktu apa yang cocok dan optimal untuk mengupload konten, dan preferensi followers kamu. Dengan demikian, kamu dapat mengoptimalkan strategi pemasaran yang tepat.

Postingan Iklan

Jika memiliki anggaran yang cukup untuk iklan, kamu bisa mempertimbankan untuk menggunakannya karena postingan iklan di Instagram dapat meningkatkan jangkauan konten yang lebih luas dan tertuju pada pengguna yang dimaksud.

Kolaborasi antara Instagram dengan Meta Business Suite membuat Instagram menjadi salah satu sosial media yang memiliki potensi besar untuk bisnis online di tahun 2024, semoga panduan cara jualan di Instagram terlengkap di tahun 2024 yang telah dibahas di atas dapat membantu kamu untuk memulai bisnis online tanpa ragu. Gunakan juga semua fitur dari akun Instagram Bisnis yang ada, karena dengan begitu akun Instagram Bisnis akan lebih mudah untuk dikelola.

Dan jangan lupa untuk menggunakan dompet digital BATPay yang akan rilis sebentar lagi. Sama dengan Meta Business Suite, BATPay hadir dengan banyak fitur yang sangat memudahkan proses transaksi digital kamu.

 

Referensi:

Media sosial, platform paling Banyak Digunakan saat transaksi e-commerce: Databoks. Pusat Data Ekonomi dan Bisnis Indonesia. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/04/01/media-sosial-platform-paling-banyak-digunakan-saat-transaksi-e-commerce

How to sell on Instagram: The 2024 Guide. (2022, November 29). Shopify. https://www.shopify.com/id/blog/how-to-sell-on-instagram

Mahmudan, A., & Bayu, D. (2022, June 30). Deretan Media Sosial Paling Efektif untuk Berbisnis, Apa Saja? Data Indonesia. https://dataindonesia.id/internet/detail/deretan-media-sosial-paling-efektif-untuk-berbisnis-apa-saja

How to sell on Instagram: The 2024 Guide. (2022b, November 29). Shopify. https://www.shopify.com/id/blog/how-to-sell-on-instagram

Al Dard Siregar
Al Dard Siregar
SEO Content Writer at a Financial Technology (FinTech) Company.

Artikel Terkait

Tips Menabung Cepat
tips memulai usaha
cara-menghemat-listrik
Scroll to Top
Share to...