11 menit dibaca

20 Ide Bisnis Rumahan Paling Cuan di Tahun 2024

ide bisnis rumahan
Temukan peluang terbaik untuk meraih kesuksesan di dunia bisnis rumahan an dapatkan wawasan terkini tentang pasar di tahun 2024. Mari kita mulai perjalanan menuju kesuksesan bersama!

Setelah adanya pandemi Covid-19 bisnis rumahan telah menjadi tren yang semakin populer di kalangan individu yang mencari cara untuk menghasilkan uang secara mandiri. Jika kamu tertarik untuk memulai dan sedang mencari ide bisnis rumahan yang menjanjikan tahun 2023, artikel ini akan memberikan beberapa peluang usaha kreatif untuk membantu kamu memulainya. Yuk sahaBATPay simak lebih lanjut dan baca sampai habis ya!

Peluang Bisnis Rumahan

Peluang bisnis rumahan dapat menjadi jalan yang menarik untuk menghasilkan penghasilan tambahan atau bahkan mengubahnya menjadi sumber penghasilan utama sahaBATPay. 

Contoh salah satu bisnis rumahan yang terkenal dan sukses adalah sambal Bu Rudy. Dengan kerja keras, dedikasi, dan pemahaman yang baik tentang pasar, kamu dapat mencapai kesuksesan yang sama dalam berbisnis.

20 Ide Bisnis Rumahan Yang Menjanjikan

Jika kamu sudah yakin dan ingin mencoba untuk membuka bisnis ide rumahan, maka beberapa ide bisnis dibawah ini mungkin bisa kamu pertimbangkan:

1. Bisnis Pakaian Thrifting

Bisnis yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Usaha yang cukup ramai diperbincangkan secara online di media sosial ini memang menarik.

Hal ini disebabkan oleh banyaknya pakaian preloved impor yang memiliki kualitas tak kalah dengan pakaian baru. Selain itu, menjalankan bisnis pakaian preloved atau second juga lebih mendukung keberlanjutan lingkungan karena tidak ada barang baru yang dihasilkan.

Untuk memulai usaha ini, kamu bisa mulai dengan mencari pemasok yang menyediakan paket bundling atau kantong besar (bal-balan) berisi puluhan pakaian bekas. Setelah itu, kamu bisa mengevaluasi kualitas pakaian-pakaian tersebut.

Bahkan kamu mungkin akan menemukan pakaian dari merek-merek terkenal jika beruntung. Jangan lupa untuk mencuci dan merawat pakaian-pakaian ini hingga bersih dan harum, lalu ambil foto produk yang menarik.

Selanjutnya, kamu bisa mulai mengunggah foto-fotonya dan menjual pakaian tersebut di platform jual-beli atau bisa juga dengan mengunggahnya di Instagram supaya menjangkau lebih banyak audiens. 

Kamu dapat menjualnya dengan harga yang lebih terjangkau dibandingkan pakaian baru, namun tetap dengan kualitas yang baik.

2. Bisnis Makanan Frozen Food

Bisnis makanan memang merupakan salah satu bisnis yang tidak akan pernah lekang oleh waktu. Apalagi jika makanan yang kamu jual bisa untuk jangka waktu yang lama seperti frozen food ini.

Solusi tepat bagi beberapa orang yang ingin praktis dan tidak repot karena frozen food ini juga mudah disimpan, tahan lama, dan penyajiannya yang mudah pun menjadi peluang yang bagus karena banyaknya peminat.

Namun, perlu diingat bahwa untuk menjadi agen frozen food, sahaBATPay harus menyiapkan modal yang cukup besar. Kamu juga perlu membeli freezer sendiri dan harus siap untuk membayar biaya listrik yang mungkin relatif besar.

3. Jual Makanan Ringan

Makanan ringan serba dua ribu bisa menjadi salah satu opsi menarik selanjutnya. Karena, selain murah dan praktis untuk dikonsumsi. Bisnis makanan ringan satu ini cukup menguntungkan, sebab kamu hanya perlu membeli langsung dari agen besar yang menjual dalam jumlah banyak. 

Kemudian kamu bisa menjualnya kembali dengan takaran yang sesuai dengan harganya. Selain itu, karena jenisnya yang banyak dan rasa yang beragam juga kebiasaan masyarakat kita untuk makan cemilan saat berkegiatan menjadi peluang yang besar untuk bisnis makanan ringan ini.

4. Bisnis Jasa Laundry Kiloan

Padatnya kegiatan masyarakat ibukota atau di kota besar lain sering kali membuat sedikitnya waktu untuk melakukan pekerjaan rumah tangga. Contohnya membereskan rumah, menyapu, mengepel, dan yang paling penting yaitu mencuci pakaian kotor.

Hal tersebut membuat jasa laundry kiloan ini menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang menjanjikan karena jumlah konsumennya yang banyak di pasaran.

5. Jasa Cuci Sepatu

Selain bisnis jasa cuci pakaian atau laundry yang telah menyebar luas di kota-kota besar. Bisnis jasa cuci sepatu ini mungkin bisa kamupertimbangkan karena memiliki peluang bisnis yang sejenis namun lebih fokus pada perawatan sepatu.

Masyarakat modern pun kini memiliki segudang koleksi sepatu bermerek mahal hingga menjadi tren yang populer, sehingga permintaan akan perawatan sepatu juga semakin tinggi. Oleh karena itu, bisnis jasa cuci sepatu adalah opsi yang sangat menarik. Jika kamu berencana untuk memulai bisnis satu ini, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan, seperti sabun cuci khusus dan sikat yang sesuai untuk merawat sepatu.

6. Bisnis Jasa Asisten Virtual

Menurut informasi dari The Balance SMB, seorang asisten virtual adalah seseorang yang memberikan layanan administratif dan dukungan bisnis kepada perusahaan dari lokasi jarak jauh atau remote. 

Peran asisten virtual ini sebenarnya mirip dengan asisten konvensional, tetapi mereka bekerja secara online atau virtual.

Secara sederhana, asisten virtual dapat menjalankan tugas-tugas khusus yang diminta oleh perusahaan atau klien dengan tujuan membantu kelancaran operasional bisnis. 

Biasanya, para profesional dalam bidang ini bekerja sebagai freelancer, sehingga mereka dapat bekerja dengan berbagai perusahaan atau klien sesuai dengan kontrak yang mereka terima.

7. Jasa Penerjemah

Penggunaan bahasa asing semakin meluas dalam berbagai aktivitas saat ini. Namun, tidak semua orang memiliki kemampuan bahasa asing yang memadai, sehingga mereka membutuhkan perantara untuk berkomunikasi dengan lancar.

Bahasa telah menjadi faktor kunci dalam menentukan keberhasilan dalam berbagai hubungan dan komunikasi saat ini. Oleh karena itu, bisnis jasa penerjemah atau translator memiliki potensi yang cukup menjanjikan, mengingat banyak individu dan organisasi memerlukan layanan ini.

Meskipun ada kebutuhan yang signifikan untuk jasa penerjemah, sayangnya, jumlah pelayan jasa ini masih terbatas di Indonesia. Baik dalam hubungan antarindividu maupun dalam dokumen, keberadaan jasa penerjemah sangat penting. 

8. Menjadi Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate marketing? yaitu adalah model bisnis yang memberikan komisi kepada individu yang berhasil memasarkan produk atau jasa dari suatu perusahaan umumnya e-commerce. Pembagian komisi ini biasanya diberikan setelah mereka berhasil menjual produk atau jasa dalam jumlah yang telah ditetapkan sesuai target yang telah ditentukan oleh perusahaan penyelenggara.

Oleh karena itu jika kamu ingin memulai sebagai seorang afiliator, maka kamu perlu menggunakan strategi sekreatif mungkin akan orang-orang mengklik tautan khusus yang digunakan untuk mempromosikan produk atau jasa dari e-commerce tersebut. Komisinya pun akan masuk setelah orang tersebut melakukan transaksi hingga selesai. 

Salah satu keunggulan besar dalam bisnis ini adalah fleksibilitas jam kerjanya yang memungkinkan kamu dapat melakukannya dari mana saja dan kapan saja.

9. Bisnis EO (Event Organizer) Online

Bisnis event organizer atau EO secara online bertujuan untuk menyelenggarakan berbagai jenis acara secara daring. 

Layanan ini dapat ditujukan untuk perusahaan dan individu yang membutuhkan bantuan dalam mengatur acara-acara online agar berjalan sesuai rencana dan tanpa hambatan.

10. Jasa Sewa Kendaraan Bermotor

Umumnya, orang sering menyewa kendaraan bermotor untuk berkunjung ke tempat wisata di suatu kota. 

Jasa penyewaan ini sangat diminati oleh para wisatawan karena memberikan kemudahan dalam menjelajahi area-area wisata yang menarik di kota yang sedang dikunjungi. 

Peluang bisnis ini dapat dimanfaatkan di lokasi-lokasi tertentu seperti tempat wisata, bandara, dan area strategis lainnya.

11. Bisnis Cuci Kendaraan Bermotor

Masih berhubungan dengan kendaraan bermotor, berikutnya ada bisnis cuci kendaraan bermotor. Karena, tidak semua pemilik kendaraan bermotor memiliki waktu untuk mencuci kendaraan mereka sendiri. Maka bisnis cuci kendaraan ini merupakan peluang yang menjanjikan, terutama jika lokasimu banyak dilalui oleh kendaraan. 

Di sana, kamu bisa mendapatkan keuntungan yang cukup besar.

12. Kursus Online

Apabila kamu memiliki keahlian di bidang tertentu, kamu dapat memulai bisnis kursus online.

Berbeda dengan kursus konvensional yang membutuhkan lokasi fisik dan peralatan khusus, kursus online bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja dengan peralatan yang minimal.

Layanan ini tidak hanya terbatas pada pengajaran bahasa asing atau mata pelajaran akademik khusus.

Kamu juga dapat menawarkan berbagai opsi lainnya, seperti kursus menjahit, menulis, atau public speaking secara daring (online) sesuai dengan keahlian yang kamu miliki.

Dengan meningkatnya penetrasi digital saat ini, bisnis kursus online memiliki potensi yang menjanjikan di masa depan.

13. Dropshipper

Kamu dapat memulai bisnis dropship tanpa perlu modal awal yang besar.

Meskipun demikian, potensi pendapatan dari kesempatan bisnis ini sangat menjanjikan.

Keuntungan dalam bisnis dropship berasal dari selisih harga yang kamu dapatkan dari pembeli saat membeli produk dari penjual.

Sederhananya, kamu meraup profit dari harga jual yang kamu tentukan saat menjual produk kepada pembeli.

Tidak perlu menyewa gudang untuk menyimpan barang-barang yang dijual, sebab penjual akan mengirimkan produk langsung kepada konsumen.

14. Sewa Perlengkapan Bayi

Menyediakan perlengkapan bayi merupakan kewajiban bagi setiap orang tua.

Namun, karena perlengkapan bayi biasanya digunakan hanya untuk waktu singkat, banyak orang tua lebih memilih jasa sewa daripada membeli.

Karena terkadang perlengkapan bayi terlantar ketika sudah tidak diperlukan lagi. Maka dari itu bisnis sewa perlengkapan bayi adalah peluang yang cukup menjanjikan.

Jika kamu ingin memulai usaha di bidang ini, kamu bisa memulai dengan menyediakan perlengkapan bayi dasar seperti stroller.

Seiring berkembangnya bisnis, kamu dapat menambahkan berbagai perlengkapan bayi lainnya seperti mainan bayi ke dalam koleksimu.

15. Sewa Mainan Anak

Setiap orang tua ingin memberikan yang terbaik bagi anak-anak mereka, termasuk dalam hal mainan. Tetapi, seiring bertambahnya usia anak, mainan sering tidak lagi diminati dan akhirnya terbengkalai.

Maka dari itu, beberapa orang tua lebih memilih untuk menyewakan mainan anak daripada membelikannya.

Jika kamu ingin memulai bisnis ini, penting untuk memahami pasar yang dituju, tren yang sedang berlaku, serta potensi perkembangan bisnis di masa mendatang. Seiring pertumbuhan bisnis, kamu bisa memperluas koleksi mainan agar sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing anak.

16. Pet Shop

Jika kamu adalah seorang pecinta sekaligus penyayang hewan, membuka pet shop bisa menjadi pilihan yang tepat.

Masyarakat semakin sadar akan pentingnya merawat hewan peliharaannya, dan ini membuat pet shop menjadi salah satu usaha yang menjanjikan.

Jika kamu memiliki keterbatasan modal, kamu bisa memulai dengan menyediakan jasa grooming di rumah kamu terlebih dahulu.

Kemudian, secara bertahap, kamu dapat memperluas produk yang ditawarkan dan menggunakan ruko untuk mencapai pasar yang lebih luas dan menarik konsumen baru.

17. Jasa Jahit Pakaian

Jika kamu memiliki keahlian dalam menjahit, maka bisnis pembuatan pakaian bisa menjadi pilihan yang cocok. Bisnis di bidang fashion selalu menawarkan peluang yang menjanjikan, terutama karena tren dalam dunia fashion pun selalu berkembang.

Dengan keahlian menjahit, kamu harus pintar memilih bahan terbaik untuk menciptakan pakaian yang menarik dan berkualitas. Kamu dapat memilih jenis produk fashion yang kamu kuasai dan yang memiliki permintaan tinggi di masyarakat, seperti busana muslim.

18. Bisnis Fotokopi

Bisnis fotokopi tetap dibutuhkan meskipun kita hidup di era digital dan menjadi salah satu ide bisnis rumahan yang menguntungkan. 

Layanan fotokopi dan pencetakan masih memiliki permintaan yang signifikan, terutama di jika rumah kamu berada di lokasi-lokasi strategis seperti dekat sekolah, kampus hingga kantor pemerintahan seperti kelurahan, kecamatan dan kantor imigrasi.

Bisnis fotokopi tetap menjadi pilihan yang menjanjikan, terutama bagi kamu yang ingin memulai usaha sebagai pemula.

19. Bisnis Air Isi Ulang

Air minum adalah salah satu kebutuhan dasar manusia yang mendukung berbagai fungsi tubuh. Selain untuk konsumsi langsung, air juga digunakan untuk memasak dan berbagai aktivitas sehari-hari.

Maka dari itu, membuka ide bisnis rumahan air isi ulang dengan kualitas yang sangat bersih merupakan peluang yang bagus karena dapat memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan air minum mereka dengan praktis.

20. Jasa Konsultasi Pemasaran Digital

Digital marketing merupakan salah satu strategi pemasaran yang sangat efektif dalam menarik perhatian pelanggan. Dalam era dimana hampir seluruh kegiatan promosi dilakukan secara online, jasa konsultasi digital marketing menjadi semakin penting.

Beberapa contoh strategi digital marketing yang populer termasuk SEO (Search Engine Optimization), iklan Facebook dan Instagram (Meta Ads), iklan Google (Google Ads), promosi melalui media televisi, radio, iklan di media cetak, email marketing, mobile marketing, dan beragam platform lainnya.

Tips Memulai Bisnis Rumahan

Setelah mengetahui beberapa ide bisnis rumahan yang menjanjikan tahun 2024, mungkin kamu tertarik untuk memulai. Sebelum itu, kamu bisa simak tips memulai bisnis rumahan dibawah ini:

1. Memahami Pasar yang Akan Anda Masuki

Sebelum Anda memulai bisnis, langkah pertama yang harus sahaBATPay ambil adalah memahami pasar yang akan kamu masuki. Lakukan penelitian pasar secara menyeluruh. Identifikasi peluang dan persaingan yang ada.

Kemudian pahami pelanggan kamu dengan baik. Lakukan segmentasi pasar untuk mengidentifikasi target audiens Anda. Hal tersebut membantu kamu dalam merancang produk atau layanan yang sesuai.

2. Membuat Rencana Bisnis

Membuat rencana bisnis yang kuat juga merupakan hal yang sangat penting. Tentukan visi, misi, dan strategi bisnis kamu. Rencana ini akan menjadi panduan kamu dalam menjalankan bisnis.

Selain itu, buat proyeksi keuangan yang realistis. Hitung berapa banyak modal yang dibutuhkan dan perkirakan pendapatan serta pengeluaran bisnis kamu.

3. Legalitas Bisnis

Pastikan kamu memahami segala persyaratan legalitas dalam memulai bisnis. Daftarkan usaha kamu sesuai dengan hukum yang berlaku.

Hingga mendapatkan izin-izin yang diperlukan, seperti izin usaha dan izin lingkungan, sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

4. Pemasaran dan Branding

Rancang strategi pemasaran yang efektif. Gunakan berbagai platform media sosial dan berbagai tools yang ada di internet untuk mengenalkan bisnis kamu.

Buat identitas merek yang kuat. Branding yang baik akan membantu bisnis kamu dikenali oleh masyarakat umum.

5.  Naikkan Omset Bisnis Rumahanmu dengan BATPay

Sebelum memulai bisnis, ada hal penting yang perlu disiapkan, yaitu sistem pembayaran. Pastikan kamu memiliki sistem pembayaran online yang memudahkan pelanggan dalam bertransaksi. Kamu bisa memanfaatkan QRIS BATPay untuk proses transaksi jika sudah rilis nanti.

Salah satu keunggulan menggunakan BATPay untuk usaha atau bisnis kamu adalah keuntungan yang lebih besar karena tidak ada biaya admin atau potongan saat penarikan uang dari BATPay ke rekening kamu.

Memulai bisnis di tahun 2024 adalah langkah yang menarik dan penuh tantangan. Namun, dengan persiapan yang matang dan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah yang perlu diambil, sahaBATPay dapat mencapai kesuksesan dan naikkan omsetmu.

 

Referensi: 

Duermyer, R. (2022, September 20). What is a virtual assistant? The Balance. https://www.thebalancemoney.com/virtual-assistant-1794441

Al Dard Siregar
Al Dard Siregar
SEO Content Writer at a Financial Technology (FinTech) Company.

Artikel Terkait

produk-digital
Scroll to Top
Share to...