10 menit dibaca

15 Tips Menabung Harian Yang Paling Efektif, Wajib Dicoba!

tips menabung harian
Jelajahi 15 tips menabung harian terbaik dalam panduan ini, dirancang untuk membantu kamu mengoptimalkan pengelolaan keuangan sehari-hari. Dari kebiasaan simpel hingga strategi cerdas, artikel ini membongkar rahasia menabung dengan efektif.

Menabung adalah salah satu keterampilan keuangan yang penting untuk dipelajari dan diterapkan. Namun, menabung tidak harus dilakukan secara besar-besaran atau sekali waktu. SoBATPay bisa mulai menabung secara harian dengan cara-cara yang sederhana dan mudah. Menabung harian dapat membantu mencapai resolusi keuangan, mengontrol pengeluaran, dan mempersiapkan masa depan kamu.

Baca juga: 20 Tips Memulai Usaha Dari Nol yang Harus Diterapkan!

Mengapa Menabung Harian Penting

Mungkin menabung bisa menjadi kegiatan bulanan yang mungkin terlupakan, tetapi seharusnya menjadi kebiasaan rutin dan wajib yang diterapkan setiap hari.

Sehingga alokasi atau pengalokasian pendapatan mingguan atau bulanan tidak terasa memberatkan.

Lalu, mengapa menabung harian penting dan perlu dilakukan? Manfaat dibawah ini mungkin bisa membantu kamu lebih yakin untuk melakukannya.

Kestabilan keuangan

Menabung harian dapat membantu untuk memiliki cadangan uang untuk menghadapi situasi darurat atau tidak terduga, jadi kamu tidak perlu khawatir jika terjadi hal-hal seperti kehilangan pekerjaan, sakit, atau bencana alam. 

Dan tabungan harian tersebut dapat digunakan sebagai jaring pengaman.

Pengendalian pengeluaran

Menabung harian penting karena dapat membantu mengurangi pengeluaran yang tidak perlu atau berlebihan. Sehingga, kamu bisa lebih fokus pada kebutuhan daripada keinginan.

Persiapan untuk masa depan

Selain itu, dengan menabung harian kamu bisa mewujudkan impian atau tujuan di masa yang akan datang. Seperti Menabung untuk membeli rumah, mobil, pendidikan, liburan, atau pensiun, bahkan menabung untuk berinvestasi atau berdonasi.

Baca juga: Dana Darurat: Pentingnya Memiliki Cadangan Keuangan untuk Menghadapi Tantangan Tak Terduga

15 Tips Menabung Harian yang Efektif

Berikut adalah beberapa tips yang dapat dilakukan untuk menabung harian dengan efektif dan lebih efisien.

1. Tentukan Tujuan Menabung

Sebelum mulai menabung, kamu perlu menentukan fokus atau tujuan yang ingin dicapai. Seperti memikirkan, Apa yang ingin kamu capai dengan menabung? Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapainya? Berapa banyak uang yang diperlukan? Jawaban dari pertanyaan tersebut dapat menjadi motivasi dan arah bagi kamu untuk menabung harian secara konsisten. 

Bisa dimulai dengan menuliskan tujuan di buku, papan, atau aplikasi. Kamu juga dapat membaginya menjadi tujuan jangka pendek dan jangka panjang. Misalnya, tujuan jangka pendek kamu adalah menabung Rp 1 juta dalam sebulan untuk membeli sepeda dan dilanjut tujuan jangka panjangnya adalah menabung Rp 500 juta dalam lima tahun untuk membeli rumah.

2. Buat Anggaran Harian

Setelah menentukan tujuan, kamu perlu membuat anggaran harian. Anggaran harian adalah rencana pengeluaran dan pemasukan kamu setiap hari, agar mengetahui berapa banyak uang yang dihasilkan dan dikeluarkan hari ke hari. 

Tentu kamu wajib menetapkan berapa banyak uang yang akan ditabung setiap hari. Buatlah anggaran harian yang realistis dan sesuai dengan kemampuan keuanganmu. 

Jangan menetapkan jumlah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, kamu bisa menggunakan buku, kalkulator, atau aplikasi BATPay untuk membuat anggaran harian. 

Misalnya, menghasilkan Rp 200 ribu per hari dan mengeluarkan Rp 150 ribu per hari untuk kebutuhan pokok. Kamu dapat menabung Rp 25 ribu per hari dan menyisakan Rp 25 ribu per hari untuk keperluan lain.

3. Sisihkan Uang Receh

Salah satu cara mudah untuk menabung harian adalah dengan menyisihkan uang receh. Uang receh dari kembalian atau uang kecil yang sering dianggap sepele. Namun, jika mengumpulkan uang receh secara rutin, kamu pun akan terkejut dengan jumlahnya. 

Uang receh juga bisa menjadi sumber tabungan harian dan dapat disimpan dalam celengan, dompet, atau rekening tabungan. Seperti kata pepatah, sedikit. Misalnya, kamu menyisihkan Rp 5 ribu per hari dari uang receh. Dalam sebulan, kamu akan memiliki Rp 150 ribu. Kalau setahun, kamu bisa dapat hingga Rp 1,8 juta. Lumayan kan?

4. Ciptakan Pengingat Visual

Salah satu tantangan dalam menabung harian adalah untuk tetap termotivasi dan tidak lupa. Untuk itu, kamu bisa mulai dengan membuat pengingat visual tentang tujuan menabung. 

Pengingat visual berupa gambar, tulisan, atau benda yang menggambarkan goals atau tujuan kamu. Letakkan pengingat visual di tempat-tempat yang sering dilihat, seperti kamar, meja, kulkas, atau di smartphone. 

Pengingat visual dapat membantu tetap fokus dan bersemangat dalam menabung harian. Misalnya, ingin menabung untuk liburan ke Bali. Kamu bisa pasang foto pantai Bali di dinding kamar, jadi setiap kali melihat foto tersebut, akan teringat untuk selalu menabung harian.

5. Kurangi Pengeluaran Sepele

Tips selanjutnya untuk menabung harian adalah dengan mengurangi pengeluaran yang tidak perlu atau sepele. Contohnya, pengeluaran sepele seperti membeli makanan ringan, rokok, kopi, atau belanja barang yang tidak diperlukan. Karena, pengeluaran sepele dapat menghabiskan uang tanpa kamu sadari. 

Kamu bisa menghemat uang dengan mengurangi atau menghindari pengeluaran sepele, dan mengganti pengeluaran sepele dengan alternatif yang lebih murah atau gratis. 

Misal, kamu terbiasa membeli kopi di kafe seharga Rp 20 ribu per hari, mulai diganti dengan membuat kopi sendiri di rumah atau minum air putih. Dengan begitu, kamu dapat menabung Rp 20 ribu per hari.

6. Gunakan Tabungan Darurat

Cara lain untuk melindungi tabungan harian adalah dengan menggunakan tabungan darurat. Tabungan darurat adalah rekening tabungan terpisah yang digunakan untuk keadaan darurat atau tidak terduga. 

Tabungan tersebut bisa membantu kamu menghindari menggunakan tabungan harian untuk keperluan yang tidak sesuai dengan tujuan. 

Siapkan tabungan darurat dengan menabung sebagian dari penghasilan setiap bulan. Kamu juga dapat menambahkan tabungan darurat dengan uang bonus, hadiah, atau hasil penjualan dari barang yang tidak terpakai. 

Kamu harus menargetkan tabungan darurat setidaknya tiga kali lipat dari pengeluaran bulanan. Jadi, jika pengeluaran bulanan kamu adalah Rp 3 juta, kamu harus menargetkan tabungan darurat sebesar Rp 9 juta.

7. Menghitung Hasil Menabung

Cara untuk memotivasi diri dalam menabung harian adalah dengan menghitung hasil menabung Anda. Anda dapat menghitung berapa banyak uang yang telah Anda tabung dalam satu bulan, satu tahun, atau periode tertentu. 

Anda juga dapat menghitung berapa persen dari penghasilan Anda yang telah Anda tabung. Anda dapat menggunakan buku, kalkulator, atau aplikasi untuk menghitung hasil menabung Anda. 

Menghitung hasil menabung dapat memberikan kepuasan dan kebanggaan bagi Anda. Anda dapat melihat bukti nyata dari usaha Anda dalam menabung harian. Anda juga dapat merayakan pencapaian Anda dengan memberi hadiah atau pujian kepada diri sendiri. 

Misalnya, Anda berhasil menabung Rp 10 juta dalam setahun. Anda dapat memberi hadiah kepada diri sendiri dengan membeli buku atau makanan favorit Anda.

8. Berbagi Tujuan dengan Orang Lain

Cara untuk meningkatkan akuntabilitas dalam menabung harian adalah dengan berbagi tujuan dengan orang lain. Kamu bisa berbicara tentang tujuan menabung kepada teman, keluarga, atau orang yang dipercaya. Mereka dapat memberikan dukungan, saran, atau semangat dan juga dapat mengingatkan jika kamu mulai meleset dari rencana menabung. 

Berbagi tujuan dengan orang lain dapat membantu kamu tetap bertanggung jawab dan komitmen dalam menabung harian. Selain itu, juga dapat mencari orang yang memiliki tujuan menabung yang sama atau serupa, sehingga dapat saling berbagi pengalaman, tantangan, atau tips dalam menabung harian. Memberi tantangan atau insentif untuk menabung lebih banyak dapat menambah motivasi kamu dan temanmu. 

Jika kamu dan temanmu memiliki tujuan yang sama yaitu menabung untuk liburan ke Bali, kamu bisa membuat kesepakatan bahwa siapa yang menabung lebih banyak dalam sebulan akan mendapatkan hadiah dari yang lain.

9. Konsistensi adalah Kunci

Kunci sukses dalam menabung harian adalah konsistensi. SoBATPay harus menjadikan menabung harian sebagai kebiasaan yang konsisten dan harus menabung setiap hari tanpa terkecuali. Kalau bisa, kamu tidak boleh melewatkan atau mengurangi jumlah tabungan dari hari ke hari dan juga tidak boleh menunda atau menarik tabungan kamu. 

Konsistensi dalam menabung harian dapat membantu mencapai tujuan lebih cepat dan lebih mudah. Dengan begitu, kamu dapat mengembangkan disiplin dan tanggung jawab keuangan. Menjaga konsistensi dalam menabung harian dengan membuat jadwal atau rutinitas menabung merupakan hal yang penting. 

Dengan menentukan waktu, tempat, dan cara menabung yang paling nyaman dan efektif untuk kamu, atau dengan menggunakan pengingat, alarm, atau aplikasi untuk mengingatkan agar menabung setiap hari. 

Contoh, kamu memilih untuk menabung setiap pagi sebelum berangkat kerja, maka kamu bisa menyiapkan celengan atau dompet di dekat pintu sebelum keluar rumah. Kamu juga perlu mengatur alarm atau pengingat di smartphone untuk menabung setiap pagi.

10. Pantau dan Evaluasi

Untuk meningkatkan kinerja dalam menabung harian kamu bisa mulai dengan memantau dan mengevaluasi kemajuan proses menabung. Evaluasi ini bisa dilakukan setiap minggu, setiap bulan, atau setiap periode tertentu. Seperti harus mengecek berapa banyak uang yang telah ditabung, berapa persen dari tujuan yang telah dicapai, dan apa saja kendala atau perubahan yang dihadapi. Lakukan evaluasi dengan menggunakan buku, kalkulator, atau aplikasi di smartphone kamu. 

Memantau dan mengevaluasi kemajuan dapat membantu kamu mengetahui seberapa besar perkembangan proses menabung harian mu. Evaluasi tersebut juga dapat menyesuaikan rencana menabung jika diperlukan. Misal kamu menargetkan untuk menabung Rp 1 juta dalam sebulan. Setelah sebulan, kamu mengecek tabungan dan ternyata hanya menabung Rp 800 ribu. 

Dengan begitu, kamu dapat mengetahui apa yang kendala yang menyebabkan tabungan tidak mencapai target, seperti pengeluaran yang meningkat, pendapatan yang berkurang, atau kurangnya motivasi. Kamu bisa menyesuaikan kembali rencana menabung dengan mengurangi pengeluaran, mencari sumber pendapatan tambahan, atau mencari cara agar mulai menabung kembali.

Baca juga: Mengenal Transaksi Digital: Masa Depan Keuangan dan Bisnis Online

11. Manfaatkan Bunga

Ada cara untuk mempercepat pertumbuhan tabungan harian, yaitu dengan memanfaatkan bunga. Bunga merupakan imbalan yang diberikan oleh bank atau lembaga keuangan lainnya karena telah menyimpan uang di rekening tabungan mereka. 

Bunga ini dapat membantu uang kamu tumbuh lebih cepat tanpa harus menambahkan uang lagi. Kamu bisa memilih rekening tabungan dari berbagai bank yang memberikan bunga yang tinggi dan sesuai dengan kebutuhan. 

Jangan lupa untuk memperhatikan syarat dan ketentuan yang berlaku, seperti saldo minimal, biaya administrasi, atau periode penarikan, dan carilah bank yang sudah diawasi oleh OJK. 

Contoh skenario menabung dengan memanfaatkan bunga yaitu, jika kamu memiliki tabungan harian sebesar Rp 10 juta di rekening tabungan yang memberikan bunga 5% per tahun. 

Maka dalam setahun, kamu akan mendapatkan bunga sebesar Rp 500 ribu. Jadi, total tabunganmu menjadi Rp 10,5 juta.

12. Pelajari dan Tingkatkan Pengetahuan Keuanganmu

Tips lain untuk mengelola uang dengan lebih efektif adalah dengan belajar dan meningkatkan pengetahuan keuangan itu sendiri. Misalnya dengan mencari tahu tentang konsep, produk, dan layanan keuangan yang berkaitan dengan pengelolaan uang. Ilmu tersebut dapat membantu kamu membuat keputusan keuangan yang tepat dan menghindari kamu dari kerugian. 

Kamu bisa belajar dan meningkatkan pengetahuan keuangan dengan berbagai cara, seperti membaca buku, artikel, atau blog tentang keuangan yang telah beredar di internet, mengikuti kursus, seminar, atau webinar tentang keuangan, hingga berkonsultasi langsung dengan ahli keuangan atau manajer investasi.

13. Jual Barang Tidak Terpakai

Menjual barang-barang yang tidak terpakai juga menjadi salah satu cara untuk menambahkan tabungan harian mu. Kamu bisa menjual barang seperti pakaian, sepatu, tas, buku, mainan, peralatan elektronik, atau perabotan rumah yang sudah tidak terpakai secara online, menjualnya ke toko barang bekas, atau mengadakan garage sale. Tawarkan diskon atau bonus untuk menarik pembeli.

14. Gunakan Bonus dan Hadiah

Selanjutnya, untuk tips menambahkan tabungan harian adalah dengan menggunakan bonus dan hadiah. Bonus dan hadiah ini bisa kamu peroleh dari pekerjaan, bisnis, kompetisi, undian, atau orang lain. Namun, jika kamu dapat bonus dan hadiah berupa barang, kamu bisa menjualnya agar hasil penjualannya pun dapat kamu tabung. 

Usahakan untuk menahan godaan menghabiskan bonus yang diterima untuk hal-hal yang tidak penting. Anggaplah hal tersebut sebagai tambahan untuk mencapai tujuan menabung kamu.

15. Menabung Harian dengan Dompet Digital BATPay

Menabung harian semakin dipermudah karena kehadiran dompet digital. Dengan BATPay kamu dapat menentukan jumlah, waktu, dan frekuensi transfer sesuai dengan keinginan. Selain itu, BATPay juga membantu kamu untuk bisa menabung harian tanpa harus repot dan lebih menghemat waktu dan biaya transaksi. Wah, menguntungkan banget ya!

Menabung harian adalah salah satu cara yang efektif untuk mencapai resolusi financial goals di tahun 2024 ini.

Yuk mulai tahun baru ini dengan lebih disiplin, konsisten dan mengubah gaya hidup menjadi lebih hemat agar tabungan cepat tercapai tanpa merasa terpaksa melakukannya. 

Baca juga: Apa Itu QRIS: Pengertian, Jenis, Manfaat dan Ketentuan

Al Dard Siregar
Al Dard Siregar
SEO Content Writer at a Financial Technology (FinTech) Company.

Artikel Terkait

Kenali Manfaat Escrow Account Demi Keamanan Finansial Kamu Terjamin!
Latte Factor
Piramida Keuangan
Scroll to Top
Share to...